Ornamen Misterius Istora, Hiasan atau Salah Desain?

Ornamen ilalang di Istora Senayan
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Ada pemandangan unik dalam area Istora Senayan pasca renovasi jelang Asian Games 2018. Beberapa lahan di sekitar halaman gelanggang olahraga dengan banyak nilai sejarah itu kini ditanami tanaman ilalang hiasan.

Hal ini begitu menarik perhatian mengingat pemandangan itu belum pernah ditemui sebelumnya. Namun, pendapat berbeda justru muncul dari para pengunjung yang hadir.

Seakan belum jelas dengan maksud dari ornamen yang berada di sisi utara dan selatan pintu masuk utama Istora itu. Kesan back to nature dan go green sepertinya hendak dibangun dalam kawasan tersebut.

"Belum jelas juga ya maksdudnya, ini jadi ada tanaman-tanaman ilalang. Takutnya malah orang mengiranya jadi terlihat kumuh atau malah ada bangunan yang belum jadi," ungkap Riono, salah satu penonton yang juga mempertanyakan dari area tersebut.

Pihak Istora yang ditemui VIVA, membenarkan bahwa tanaman ilalang itu sengaja disiapkan oleh arsitek yang bertugas menangani renovasi kawasan tersebut.

"Ya, ornamen ilalang itu memang telah jadi bagian dari proyek renovasi Istora. Untuk detail nama jenis tanamannya itu saya kurang paham, tapi dimaksudkan untuk memberikan konsep back to heritage dan go green. Mungkin bisa ditanyakan ke pihak Ikatan Arsitek Indonesia," jelas Ishaerudin selaku Kepala Unit Gelanggang Istora Senayan.