Kisah Ade Resky, Pebulutangkis Olimpiade Azerbaijan Kelahiran Kendari

Pebulutangkis Azerbaijan, Ade Resky Dwicahyo
Sumber :
  • Badminton Europe

VIVA – Ade Resky Dwicahyo. Jika dicermati nama itu pasti Indonesia banget, Namun, tahukah kamu jika pemilik nama tersebut merupakan pebulutangkis Azerbaijan yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020?

Nama Ade Resky saat ini kembali menjadi perbincangan netizen. Mungkin ada yang belum mengetahui mengapa bisa Ade Resky mewakili Azerbaijan di pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Ya, Ade memang pria kelahiran Indonesia pada 14 Mei 1998 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Dia juga memulai kariernya dalam tim bulutangkis Indonesia.

Ade sempat membela Indonesia di dua turnamen beregu yakni Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2016 lalu.

Hanya saja, di turnamen Kejuaraan Asia Junior 2016, Skuad Bulutangkis Indonesia yang diperkuat Ade kalah di perempatfinal dari tim Korea Selatan sehingga tak mendapatkan medali apapun.

Begitu juga di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2016, skuad Indonesia juga gagal meraih medali setelah terhenti di babak perempatfinal dan tak berhasil melaju ke babak semifinal.

Setahun kemudian, Ade mendapat proposal untuk membela Azerbaijan pada 2017. Tawaran tersebut pun ia terima lantaran peluang berprestasi dengan membela Azerbaijan.

“Ketika menerima proposal dari Azerbaijan, saya merasa punya peluang lebih besar untuk berkarier di level dunia dan tampil di Olimpiade,” kata Ade, dikutip Badminton Europe.

Keputusan Ade terbilang tepat. Pasalnya, ia menduduki posisi 69 race to Tokyo dan berhak mentas di nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Andai dia tetap membela Indonesia. Peluang itu agak sulit. Sebab, pada Olimpiade ini tiap negara hanya diizinkan mengirimkan dua slot ke ajang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 dalam satu nomor.

Sedangkan di Indonesia saat ini sudah memiliki dua jagoan yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie. 

Lantas, kapan Ade akan berlaga di Olimpiade? Merujuk jadwal, pebulutangkis 21 tahun ini tergabung di Grup L bersama Anders Antonsen (Denmark) dan Nguyen Tien Minh (Vietnam).

Duel pertamanya bakal berlangsung Selasa 27 Juli 2021 pukul 18.00 WIB melawan Nguyen Tien Minh