Owi/Butet Melaju, Tommy Harus Gagal Lagi

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Sumber :
  • http://badmintonindonesia.org/

VIVA.co.id – Kemenangan ditorehkan ganda campuran andalan pelatnas, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ajang Badminton Asia Championships, Jumat 29 April 2016. Menantang duo Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Eom Hye-won, Owi/Butet memastikan tiket semifinal usai menang straight game, 21-16 dan 21-15 di Wuhan Sports Center Gymnasium, China.

Turun di babak perempat final, pasangan unggulan 2 ini terus terpacu rasa percaya dirinya usai menundukkan jagoan tuan rumah, Xu Chen/Ma Jin di 16 besar kemarin. Tak mau sia-siakan kesempatan itu, Owi/Butet berambisi kembali menuai torehan positif itu melawan Gyu/Won.

Hasilnya, hanya dalam waktu 38 menit juara dunia 2013 ini sukses menapakan langkahnya di fase 4 besar dan akan menantang ganda Korsel lainnya, Shin Baek-cheol/Chae Yoo-jung.

Keduanya sejauh ini belum pernah bertemu dan Owi/Butet masih unggul dari statistik ranking BWF mereka. Owi/Butet peringkat 2 dunia sedangkan Cheol/Jung di posisi 10.

Kabar buruk justru datang dari sektor tunggal putra. Wakil satu-satunya Merah Putih yang tersisa di nomor itu, Tommy Sugiarto harus menyerah dari unggulan utama milik tuan rumah, Chen Long dengan skor 16-21 dan 14-21.

Ini merupakan kekalahan kesembilan kalinya untuk Tommy atas Chen Long. Sebelumnya, mereka telah 10 kali saling berduel dan putra Icuk Sugiarto itu hanya mampu menang sekali sepanjang rekor pertemuannya.