Tergelincir di Final, Gelar Juara Asia Owi/Butet Melayang

Ganda Campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Usaha keras ganda campuran terbaik Merah Putih, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk mempertahankan gelar di Badminton Asia Championships, gagal terwujud. Hasil ini dipastikan usai di final Owi/Butet harus takluk dari unggulan utama milik tuan rumah, Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan angka, 21-16, 9-21 dan 17-21, Minggu 1 Mei 2016.

Meski telah berjuang dalam pertarungan sengit rubber game selama 61 menit, duo andalan skuat Merah Putih ini tak mampu mengalahkan Zhang/Zhao yang didukung oleh publik Wuhan Sports Center Gymnasium, China.

Menurut laporan Tournament Software, melakoni laga ke 18 dari rekor pertemuan keduanya, Owi/Butet sebenarnya membuka peluang memenangkan duel setelah unggul di game pertama, dengan 21-16.

Sayang, momentum tersebut harus kendor di game selanjutnya dengan jauh tertinggal 9-21. Upaya bangkit pun mereka harus usung game penentuan.

Sempat mengimbangi perolehan angka di awal game, tekanan bertubi-tubi Zhang/Zhao yang menghujam Owi/Butet rupanya gagal dihalau dan terus menambah poin sang lawan. Owi/Butet pun akhirnya harus menyerahkan game ketiga pada Zhang/Zhao, 17-21.

Dengan raihan gelar ini, membawa Zhang/Zhao kembali menyamai torehan mereka pada tahun 2011 dan 2012 yang juga merebut titel sebagai juara Asia. (ms)