Terungkap, Alasan PBSI Tunjuk Fadia jadi Tandem Baru Apriyani

Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – PBSI rupanya sudah mempersiapkan tandem baru untuk Apriyani Rahayu andai nantinya Greysia Polii memutuskan untuk pensiun dari pelatnas. Nama Siti Fadia Silva Ramadhanti mencuat sebagai pasangan baru Apriyani di masa depan.

Ganyang Malaysia, Rehan/Lisa Tatap Wakil Korsel di Semifinal German Open 2024

Isu Greysia yang ingin gantung raket sudah mencuat sejak tahun lalu usai dia sukses merebut medali emas Olimpiade Tokto 2020. Sempat diperkirakan 2021 bakal jadi tahun terakhirnya sebagai penghuni pelatnas Cipayung.

Nyatanya, wanita 34 tahun itu masih berada di pelatnas pada 2022 ini. Dia masih berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Indonesia Sisakan Satu Wakil di Perempatfinal German Open 2024, Bisa Ganyang Malaysia?

Kendati demikian, PBSI tak ingin terlena. Mereka telah mencari calon penggantinya untuk digandengkan dengan Apriyani.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu di Indonesia Open 2021

Photo :
  • PBSI
Ka Long Angus Ngamuk, Giliran Tunggal Putra Spanyol Jadi Korban di German Open 2023

Dari sejumlah kandidat, terpilihlah Fadia sebagai pasangan baru Apriyani di masa depan. Keputusan itu diambil setelah melalui berbagai pertimbangan.

Pelatih kepala ganda putri, Eng Hian, menceritakan alasan pemilihan Fadia menjadi tandem Apri selepas dari Greysia. Apalagi, Fadia sejatinya telah memiliki pasangan, yakni Ribka Sugiarto.

"Tadinya saya menyiapkan empat nama untuk menjadi partner Apri selepas Greysia pensiun. Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Febby Valencia Dwijayanti Gani, dan Putri Syaikah. Lalu mengerucut menjadi dua nama yaitu Fadia dan Ribka," tutur Didi dalam keterangan pers resmi PBSI yang diterima VIVA.

"Setelah berdiskusi dengan Binpres dan pengurus, lalu kondisi Ribka yang cedera di akhir 2021 dan perlu waktu untuk pemulihan, maka pilihan jatuh kepada Fadia. Secara kemampuan sebenarnya dua pemain ini berbeda tipis dan keduanya mampu menjadi pasangan yang cocok untuk Apri," lanjutnya.

Sayang, debut Apri/Fadia terpaksa ditunda akibat Apri masih dalam masa pemulihan cedera betis kanan. Padahal, mereka telah disiapkan untuk tampil di German Open 2022.

Pelatih yang akrab disapa Didi itu tak ingin mengambil risiko sehingga memilih untuk mempersiapkan Greysia/Apriyani tampil di All England 2022. Sementara, debut Apriyani/Fadia berpotensi tampil di Swiss Open 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya