Beli Barang di Bukalapak Pakai Gosend Tidak Juga Sampai

Kantor Bukalapak.com di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Perkenalkan saya Rudi Lie Jaya. Saya melakukan transaksi di www.bukalapak.com dengan nomor transaksi 170499446102 dan nomor tagihan BL17114LCO2IINV dengan status dibayar pada 9 September 2017, pukul 11:23 WIB.

Saya menggunakan jasa pengiriman Gosend Instant, dengan nomor resi GK-36793532 (random). Kemudian saya mendapatkan notifikasi jika pesanan telah dikirim pada Sabtu, 09 September 2017, pukul 11:58 WIB.

Status 09 September 2017, 13:12, delivered; Laba Pilar Prabawa; +6282208283188. Namun, tidak tertera nama penerima di alamat saya yaitu di Sawah Besar, Jakarta. Padahal, alamat pengiriman saya ini ruko, yang semua orang bisa dan bebas masuk kapan pun sampai di depan ruko. Saya menyertakan bukti track dari bukalapak.com.

Driver Gosend menyatakan barang sudah terkirim ke alamat. Sedangkan, saya belum menerima sama sekali. Kemudian, saya menghubungi pihak seller, yaitu Exa.phone dan meminta nomor teleponnya, supaya saya bisa lebih jelas dan lebih mudah menjelaskan. Kalau menurut profilnya, Exa Phone berada di ITC Kuningan, lt.3 blok D9 no.1, Jakarta.
 
Saya pun sudah menghubungi pihak bukalapak.com. Tapi, baik pihak Bukalapak maupun Gojek sama-sama membuat saya harus menunggu tak pasti. Sehingga, saya yang harus mencari tahu keberadaan driver tersebut. Namun, sampai Minggu, 10 September 2017, pukul 20:26 WIB, saya masih belum dihubungi oleh pihak bukalapak.com ataupun Gojek.
 
Saya hanya bisa bilang cukup tahu saja. Sebuah marketplace yang sedang bekerjasama dengan kementerian, tapi pelayanannya seperti ini. Percuma harus blow up di mana-mana untuk menjaring IKM dan UKM besi dan logam, serta gencar ke sana ke sini untuk promosi, tapi pelayanannya seperti ini. Pelayanan yang lambat dan tidak kooperatif sama sekali.

Driver Gojek yang membawa pesanan saya sudah tidak bisa dihubungi di nomor XL dan Simpati milik driver atas nama Laba Pilar Prabawa sejak Sabtu, jam 13:12 WIB. Apakah ini masih bisa dikatakan bukan penipuan dan bukan pencurian? Saya tidak mengerti, di mana otak dari yang bilang ini bukan pencurian, apalagi ketika pelaku (driver Gojek) tidak bisa dihubungi.

Semoga dengan lari ke media, kalian akan lebih bisa kooperatif dalam menjalankan tugas kalian sebagai marketplace yang bekerjasama dengan pemerintahan. Saya menyertakan bukti KTP dan juga bukti pembayaran serta transaksi saya di bukalapak.com.

Pengirim Rudi Lie Jaya, Bogor (Alamat lengkap ada pada redaksi)