Viral Video Detik-detik Petir Menyambar Candi Borobudur, Begini Faktanya

Candi Borobudur
Sumber :
  • U-Report

VIVA Trending – Detik-detik petir menyambar Candi Borobudur viral di media sosial. Momen mengerikan tersebut terekam kamera salah seorang warga pada Sabtu 8 Oktober 2022.

Cuplikan video itu pun turut dibagikan oleh salah satu akun Instagram magelang_raya. Dalam unggahannya akun tersebut mengatakan “Detik detik petir menyambar candi Borobudur Di Magelang Jawa Tengah,” dikutip VIVA, Selasa (11/10)

Dilihat dari video yang beredar, kondisi saat itu malam hari, keadaan yang gelap seketika berubah menjadi terang saat kilat menyambar puncak Candi Borobudur, tidak berlangsung lama, sekitar 2 detik, petir langsung menghilang.

Candi Borobudur.

Photo :
  • Dokumentasi Kominfo

Candi Borobudur tidak mengalami kerusakan

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati memastikan bahwa pada hari Sabtu 8 Oktober 2022 malam, tidak ada petir yang menyambar Candi Borobudur. Dia mengatakan sempat kaget saat mengetahui kabar tersebut.

Alhasil ia bergegas meminta petugas keamanan untuk memeriksa keadaan di atas Candi Borobudur. Namun, kata dia, petugas keamanan tidak menemukan kerusakan pada bagian candi.

“Sudah cek, tidak ada apa-apa, aman, tidaka ada kerusakan di Candi Borobudur,” kata Wiwit saat dihubungi awak media, Selasa 11 Oktober 2022.

Dia menambahkan bangunan Candi Borobudur sudah dilengkapi alat penangkal petir yang dipasang di atas stupa induk candi. Jadi Wiwit menegaskan Candi Borobudur dalam kondisi aman dan telah dicek tidak ditemukan kerusakan apa pun.

Candi Borobudur

Photo :
  • U-Report

“Ada penangkal petirnya. Jadi kalau kena nggak benar,” jelasnya

Menurutnya, pada malam Minggu cuaca di kawasan Borobudur memang sedang turun hujan dan terjadi petir, tetapi Wiwit beranggapan petir yang menyambar berada jauh di belakang candi.

“Kalau dilihat (dari rekaman video) mungkin di desa-desa mana,” ujarnya