Video Belasan Anak Dirawat di RSJ karena Kecanduan Gadget

Gedung Rumah Sakit Jiwa dr Marzoeki Mahdi, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Marzoeki Mahdi, Bogor, Jawa Barat, menerima ratusan pasien anak yang mengalami kecanduan gadget alias gawai. Rumah sakit itu bisa menangani 11-12 anak dengan usia 7-15 tahun setiap bulan.

Sebagian pasien anak-anak pelajar SD atau SMP itu mendapat perawatan melalui konsultasi oleh psikiater, sedangkan sebagian lainnya mesti dirawat inap karena tingkat keparahan gangguan psikologis mereka.

Seorang kerabat pasien menyebut, anak menjadi sangat tergantung pada gawai, bahkan menjadi pemberang dengan merusak benda-benda di sekitar kala kuota data internet atau pulsa habis. Si anak juga kerap membolos sekolah.

Psikiater anak dan remaha pada RSJ dr Marzoeki Mahdi, dr Ira Savitri Tanjung, mengingatkan peran utama orangtua. Anak bermain game atau tidak pun atas izin orangtua. Begitu pula mereka membeli paket kuota data internet dari uang orangtua.

Gejala serupa ternyata terjadi juga di Kabupaten Bandung Barat. Simak liputan lengkapnya tentang anak-anak kecanduan game itu dalam video berikut ini:

>