VIDEO: DPR Amerika Lengserkan Donald Trump

Presiden AS Donald Trump.
Sumber :
  • Yahoo Finance

VIVA – Donald Trump menjadi presiden ketiga Amerika Serikat dalam sejarah yang dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Nasibnya sebagai presiden masih akan ditentukan dalam persidangan di Senat.

Pemungutan suara di DPR AS menyimpulkan bahwa Trump menyalahgunakan kekuasaannya terkait upayanya menekan Ukraina untuk mengumumkan penyelidikan terhadap saingan politik Demokrat-nya, Joe Biden. Selanjutnya, dia disebut telah menghalangi Kongres karena dia dituduh menolak bekerja sama dalam penyelidikan pemakzulan, menahan bukti, dan melarang para asistennya untuk memberikan bukti.

Hampir semua anggota DPR dari Partai Demokrat mendukung pemakzulan Trump dan semua anggota DPR dari Partai Republik menentangnya. Ketika pemungutan suara berlangsung, Trump berbicara di sebuah rapat umum di Michigan.

Proses pemakzulan pada Rabu (18/12) dimulai dengan permintaan anggota Partai Republik untuk mengadakan pemungutan suara atas masalah prosedural, dalam upaya menggagalkan pemakzulan.

Proses itu diikuti pemungutan suara tentang aturan yang akan ditetapkan untuk pemakzulan. Hal ini kemudian memulai debat selama enam jam tentang kelayakan pemakzulan Trump.

>