Kuasai Kursi DPR, Partai Republik Incar Keluarga Joe Biden

Politikus Republik James Comer akan menjadi Ketua Komite Pengawas DPR AS yang akan datang.
Sumber :
  • AP Photo/Jacquelyn Martin.

VIVA Dunia – Sehari setelah merebut kembali mayoritas kursi DPR AS, Partai Republik mengatakan akan menyelidiki keluarga presiden sebagai "prioritas utama". Partai Donald Trump itu mengatakan penyelidikan akan fokus pada urusan bisnis luar negeri putra presiden, Hunter Biden.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Anak Biden sedang dalam penyelidikan federal, tetapi sejauh ini belum menghadapi tuntutan apa pun. Hunter yang berusia 52 tahun tidak terlibat dalam pemerintahan dalam kapasitas apa pun.

Tetapi para petinggi Partai Republik bersikeras bahwa penyelidikan mereka akan menentukan sejauh mana dugaan keterlibatan Joe Biden dalam urusan bisnis putranya, termasuk ketika Biden sebagai wakil presiden.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Presiden AS, Joe Biden, bersama putranya Hunter Biden.

Photo :
  • New York Post

Dalam laporan sementara yang dirilis pada konferensi pers pada Kamis, 17 November 2022, mereka berpendapat bahwa Biden telah berbohong kepada rakyat Amerika tentang dugaan keterlibatannya dalam urusan bisnis keluarganya.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Partisipasi presiden dalam memperkaya keluarganya, singkatnya, merupakan penyalahgunaan tatanan tertinggi," kata Ketua Komite Pengawas DPR yang akan datang, James Comer, melansir BBC, Jumat 18 November 2022.

"Saya ingin memperjelas: ini adalah penyelidikan terhadap Joe Biden, dan di situlah fokus kami, adalah Kongres berikutnya."

Comer bergabung dalam konferensi pers dengan anggota kongres Jim Jordan, yang diperkirakan akan menjadi ketua Komite Kehakiman DPR. Politisi Partai Republik dari Ohio itu kemudian men-tweet: "Kesepakatan bisnis Keluarga Biden adalah ancaman keamanan nasional."

Hunter Biden dan ayahnya Joe Biden

Photo :
  • Source BBC

Mereka menuduh Hunter Biden melakukan kejahatan termasuk penghindaran pajak dan penipuan kawat, namun House Republicans mengatakan 'prioritas utama' adalah menyelidiki keluarga Biden

Christopher Clark, pengacara Hunter Biden, mengatakan kepada BBC bahwa kliennya tidak berkomentar tentang pengumuman Partai Republik.

Gedung Putih mengatakan penyelidikan itu bermotif politik. Juru Bicara Gedung Putih, Ian Sams, mengatakan, "Alih-alih bekerja dengan Presiden Biden untuk mengatasi masalah-masalah penting bagi rakyat Amerika, seperti biaya yang lebih rendah, prioritas utama Kongres Partai Republik adalah mengejar Presiden Biden dengan serangan bermotif politik yang penuh dengan teori konspirasi yang telah lama dibantah.

"Sebuah laporan yang dirilis oleh Senat Republik pada September 2020 menemukan bahwa Hunter Biden telah "menguangkan" posisi ayahnya, tetapi temuan tersebut tidak melihat keterlibatan Biden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya