VIDEO: Daging Kelelawar Laris di Tomohon meski Dunia Cemaskan Corona

Pedagang daging hewan liar di Pasar Beriman alias Pasar Ekstrem memajang daging kelelawar.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Aktivitas jual-beli di Pasar Beriman alias Pasar Ekstrem di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, tetap normal seiring kecemasan masyarakat dunia atas wabah virus corona yang bermula dari China. Daging hewan-hewan liar seperti ular, tikus, anjing hingga kelelawar tetap laris dibeli oleh masyarakat.

Virus corona yang menewaskan 80 orang dan menjangkiti hampir tiga ribu lainnya di China ditengarai berasal kelelawar atau hewan liar lainnya. Namun, masyarakat di Tomohon tak mengkhawatirkan daging-daging kelelawar yang mereka makan mengandung virus corona.

Mengonsumsi daging hewan-hewan liar, yang bagi sebagian besar orang tampak menjijikkan atau menyeramkan, sudah menjadi kebiasaan turun-temurun masyarakat Tomohon. Mereka meyakini, wabah corona di China tidak akan terjadi di Indonesia.

Dinas Kesehatan setempat sudah memberikan peringatan kepada masyarakat, terutama di Pasar Beriman, agar tetap mewaspadai potensi virus corona yang ditularkan dari hewan-hewan liar. Dinas juga mengedarkan pengumuman tentang gejala atau tanda-tanda jika terinfeksi virus mematikan itu. (ase)

>