BI Optimistis 2010 Kredit Tumbuh 20 Persen

VIVAnews- Bank Indonesia menilai pertumbuhan kredit tahun depan akan membaik seiring membaiknya perekonomian. Pertumbuhan kredit diperkirakan akan tumbuh 20 persen.

OJK Kasih Bukti Kinerja Perbankan RI Stabil Meski Ada Gejolak Geopolitik 

"Itu bayangan kita segitu, tapi ini belum resmi dirilis BI ya," kata Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad di Jakarta Selasa 17 November 2009.

Meski tahun ini pertumbuhan kredit tidak sesuai dengan harapan, namun kredit rupiah justru mengarah pada pola normal atau tumbuh 15 persen sesuai target. Yang membuat rendahnya pertumbuhan kredit tahun ini adalah kredit valas yang mengalami penurunan.

Menurut Muliaman, sektor kredit tahun ini cukup baik seperti pertanian, perdagangan, listrik, UKM yang menyerap banyak tenaga kerja. "Kalau perindustrian memang agak terkena krisis," katanya.

Untuk tahun depan, kredit valas diperkirakan akan tumbuh kembali seiring pembaikan ekonomi global. Jika kredit valas kembali naik maka akan mempengaruhi pertumbuhan kredit tahun depan, karena porsi kredit valas cukup besar. Sebelumnya BI mengatakan kredit valas mengalami pertumbuhan minus 27 persen.

Sebelumnya Deputi Gubernur Senior BI Darmin Nasution mengatakan meski pertumbuhan kredit tahun ini kecil, namun beberapa sektor tumbuh di atas 15 persen seperti kredit untuk listrik yang di atas 30 persen, pertanian, pertambangan, komunikasi dan pengangkutan yang masing-masing mencapai 15 persen.

Sementara tingkat kecukupan modal (CAR) sebesar 17,7 persen dan NPL sebesar 4,3 persen pada September 2009. BI juga mencatat likuiditas bank saat ini membaik, pasar uang antar bank membaik, dan pertumbuhan dana pihak ketiga mengalami kenaikan.

Lalai dalam Melindungi Siswa, Sekolah Kinderfield Primary Simprug Dilaporkan ke Polda Metro Jaya
Mobil Ambulans PKS Terguling di Tol Semarang-Batang

Ambulans PKS Terguling di Tol Semarang-Batang, 1 Orang Tewas

Ambulans PKS Kecelakaan di Jalan Tol Semarang-Batang, Terguling Setellah Tabrak Truk di KM 353+300

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024