- Instagram/@telkomselarea2
VIVA – Perusahaan terus berupaya merangkul teknologi agar bisa mengejar ketertinggalannya di dunia digital ini, termasuk operator telekomunikasi dengan jumlah pengguna yang cukup besar. Data yang dimiliki bisa digunakan untuk menghadirkan terobosan ide guna pengalaman untuk pelanggan.
Dalam memilah data, era Extreme Data Economy, untuk menghadirkan layanan atau produk baru tidaklah mudah dan cepat. Dari ratusan juta data yang ada, dibutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi kendala pengolahan big data tersebut, perusahaan terbesar di Indonesia, Telkomsel, menggunakan solusi dari Kinetica.
Kinetica adalah engine untuk Extreme Data Economy. Solusi Kinetica menggabungkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan pembelajaran mesin, visualisasi data, analisis berbasis lokasi, dan kekuatan komputasi yang diakselerasi melalui database GPU di seluruh layanan kesehatan, energi, telekomunikasi, ritel, dan keuangan.
"Yang dibutuhkan adalah kemampuan yang memungkinkan pelanggan untuk membangun aplikasi tingkat baru berbasis data untuk mengatasi tantangan ini. Kinetica berjalan pada GPU NVIDIA dan sistem NVIDIA DGX yang menyediakan analitik real-time pada data, dalam gerakan dan saat statis, 10 hingga 100X lebih cepat daripada sistem tradisional, dengan biaya sepersepuluhnya," ujar Paul Appleby, CEO Kinetica, dalam keterangannya, Jumat 19 Oktober 2018.
Kinetica dipilih atas kemampuannya sebagai mesin konvergen untuk mengakselerasi proses analisis, visualisasi berbasis lokasi, dan Artificial Intelligence (AI). Dengan demikian, Telkomsel berharap akan mampu memberikan pelayanan dan pengalaman lebih baik bagi pelanggan serta pelaporan keuangan dan bisnis secara real-time berdasarkan data yang transformatif.
“Pesatnya pertumbuhan pada perangkat mobile, tingginya pengguna digital, serta meningkatnya layanan mikro prabayar di Indonesia menghasilkan produksi data secara masif dan eksponensial daripada yang pernah ada sebelumnya,” kata Montgomery Hong, Chief Information Officer Telkomsel.
Dikatakan Hong, masuknya data ekstrim ini memberikan peluang besar untuk mengembangkan pengalaman gaya hidup digital baru yang dipersonalisasi untuk konsumen Indonesia. Tidak seperti solusi database tradisional, solusi Kinetica dibangun dengan tujuan untuk pengembangan extreme data dan penyediaan analisis data real-time serta location intelligence di seluruh lini bisnis Telkomsel, mulai dari layanan Prepaid dan Postpaid, layanan gaya hidup digital (video, game, musik) hingga layanan keuangan mobile, dan periklanan digital.