Kembangkan Pariwisata di Tanah Air, PAN Dorong Pemanfaatan Big Data

Wisatawan melihat gunung Bromo dari radius aman yakni di kawasan lautan pasir di Probolinggo, Jawa Timur, Rabu, 17 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Jakatta – Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong pemanfaatan teknologi terkini seperti big data untuk mengembangkan dunia pariwisata. Hal itu bertujuan agar dapat melihat sejumlah analisis data terkait.Sebab, akurasi data pariwisata selama ini dinilai kurang maksimal.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Demikian dikemukakan Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Jatim VIII, Abdul Hakim Bafagih. 

"Tujuannya adalah mengatasi masalah akurasi real time database pariwisata karena ini selalu menjadi persoalan di periode-periode sebelumnya," kata Hakim dalam keterangannya, Sabtu, 26 Agustus 2023.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Bendera Partai Amanat Nasional (PAN). Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Adanya big data, kata Hakim, akan mengumpulkan informasi pelaku pariwisata kepada stakeholder. Dengan demikian, pemerintah bisa dengan mudah memberikan bantuan kepada pelaku pariwisata.

Taman Mini Indonesia Indah: Jendela Menuju Keberagaman Budaya dan Pesona Alam Indonesia

Menurut dia, big data juga dapat memberikan informasi jumlah wisatawan secara tepat. Sebab, data yang dihimpun dinilai belum optimal, sehingga kurang dapat dijadikan acuan.

Pemanfaatan big data juga berguna untuk memetakan keramaian pariwisata. Melalui itu, pemerintah bisa melihat daerah mana yang pariwisatanya perlu perbaikan maupun promosi demi menggenjot nilai pariwisata daerah.

"Kita juga bisa menentukan program, kita bisa menentukan goals," ujar Hakim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya