Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Nur Faishal

Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan bakal kembali maju dalam kontestasi Pilkada Jawa Timur (Jatim) di Pilkada 2024. Bahkan, ia mengklaim sudah mendapat dukungan dari empat partai politik untuk memperebutkan kursi Jatim 1 tersebut. 

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

"Sudah dari Desember yang lalu, sudah empat partai, Gerindra, ada Golkar, ada Demokrat, PAN, bulan Desember lalu sudah memberikan surat penugasan (maju Pilgub Jatim)," ujar Khofifah kepada wartawan di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Minggu 28 April 2024.

Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus
Sekjen Gerindra Singgung Dukungan Paguyuban Warteg se-Indonesia Buat Kemenangan Prabowo-Gibran

Khofifah juga menyebut ingin berpasangan dengan Emil Dardak di Pilkada 2024. Alasannya, kata dia, sudah nyaman bersanding dengan Emil di pemerintahan. 

"Insya allah saya merasa nyaman dan merasa produktif dengan Mas Emil, mudah-mudahan kami bisa bersama-sama lagi," katanya. 

4 Orang Sudah Konsultasi Maju Cagub Jakarta Jalur Independen, Siapa Saja?

Di sisi lain, Khofifah mengaku tak tertarik untuk menduduki kursi menteri di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Ia hanya lebih nyaman bertugas di Jawa Timur. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu juga tak tertarik memimpin daerah lain seperti Jakarta. 

"Saya ingin melanjutkan tugas Jawa Timur, mudah-mudahan masyarakat Jatim bisa memberikan dukungan," katanya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi menyatakan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024, Sabtu, 13 Januari 2024.

Photo :
  • ANTARA/Abdul Fatah

Diketahui, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku telah mengeluarkan surat tugas untuk beberapa figur bakal cagub yang diusung di Pilkada serentak 2024. Salah satu surat tugas itu diserahkan kepada Ridwan Kamil (RK), Ahmed Zaki Iskandar dan Erwin Aksa untuk berkontestasi dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Kalau Golkar kan selalu kita siapkan apakah itu Ridwan Kamil, apakah pak Zaki, atau pak Erwin Aksa tentu siapapun yang diusung partai lain, partai Golkar siap," kata Airlangga di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin, 15 April 2024.

Tak hanya RK, Airlangga juga mengaku sudah menyerahkan surat tugas kepada menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Afif Nasution untuk maju dalam Pilkada Sumatera Utara 2024. Ia tak mempermasalahkan, jika partai lain memboikot Bobby dalam bursa Pilkada Sumut.

Golkar juga sudah beri mandat tokoh lain yang digadang-gadang maju ke Pilkada Jatim yaitu petahana Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur. Sementara di Jawa Tengah, Partai Golkar masih mempertimbangkan salah stau nama Dico Ganinduto yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kendal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya