Mendag: Ekspor 2010, Tumbuh 5,1%

VIVAnews - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekspor akan mencapai 5,1 persen pada tahun 2010. Angka itu melonjak tinggi dari proyeksi ekspor tahun 2009 yang mengalami minus 11,6 hingga 11,5 persen.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengakui, target tersebut cukup realistis mengingat kontraksi ekspor telah dilalui pada 2009. "Umumnya, setelah kontraksi, ekspor bisa tumbuh positif," kata Mari saat konferensi pers di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin, 4 Januari 2010.

Selain itu, dia menambahkan, tujuan pasar ekspor mengalami pergeseran dari semula pasar besar Amerika Serikat, Uni Eropa, dan China, mulai beralih ke India, Singapura, dan Malaysia, meski China masih tetap bertahan.

Dengan adanya tujuan pasar baru tersebut, Mari yakin, pertumbuhan ekspor akan terbantu naik. Pemerintah juga tengah menyasar pasar non tradisional lain seperti Timur Tengah, Rusia, dan Eropa Timur.

"Selain itu, harga komoditi pada 2010 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekspor," kata Mari.

Menurut Mari, proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dan volume perdagangan dunia yang berada di kisaran positif  akan membantu peningkatan pertumbuhan ekspor.

antique.putra@vivanews.com

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA
Jakarta Pet Expo (JPE) 2024

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Pecinta Hewan Merapat PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024 pada 27-30 November di JIExpo Kemayoran

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024