Danareksa: Suku Bunga Kredit Cenderung Turun

VIVAnews - Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudisadewa memprediksikan suku bunga kredit tahun ini bisa lebih turun. Menurunnya suku bunga kredit ini seiring mulai membaiknya ekonomi global dan harapan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) untuk tetap stabil di posisi sekarang.

Menurut Purbaya, untuk menurunkan BI rate memang tidak mudah. Pasalnya, penurunan itu dilakukan dengan melihat satu variable yang menjad acuan Bank Indonesia yakni nominal suku bunga (real interest rate) dikurangi ekspektasi inflasi ke depan.

Jadi, misalnya BI memperkirakan inflasi 4-6 persen, kemungkinan suku bunga tidak akan turun.

"Kecuali, mereka (Bank Indonesia) melihat ada kemungkinan inflasinya lebih rendah dari 5 persen atau 3 persen (setelah melihat inflasi per Desember yang hanya 2,78 persen)," kata Purbaya di Kantor Menko Perekonomian, Selasa, 5 Januari 2009.

Melihat kondisi itu, Purbaya mengatakan Bank Indonesia kemungkinan menahan tingkat BI rate di level 6,5 persen sampai akhir tahun ini. Sebab, meski inflasi 2009 rendah, tidak serta merta BI menurunkan suku bunga.

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Purbaya melihat, Bank Indonesia selalu mengacu jangka panjang, karena kalau sampai kebijakan BI naik turun, hal itu dinilai bisa mengganggu kredibilitas Bank Sentral.

"Kalau saya, inflasi tahun ini, kemungkinan akan kembali ke jangka panjang kita mendekati 6 persen, meski pemerintah memperkirakan antar 4-6 persen. Itu single digit dan kalau memang di angka itu, BI tidak perlu menaikkan suku bunga, sehingga harapannya suku bunga tahun ini bisa lebih turun," ujar dia.

antique.putra@vivanews.com

NewJeans

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

Semua mata tertuju pada ADOR dan HYBE saat Min Hee Jin menyerukan konferensi pers pada 25 April. Min Hee Jin mengaku berkonsultasi dengan dukun tentang BTS.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024