Kandidat Bupati Harus Siap Minimal Rp 25 M

SURABAYA POST -- Inilah angka rupiah yang harus dimiliki para kandidat bupati: Rp 25 miliar. Itu jumlah minimal. Kalau hanya punya Rp 2 miliar atau Rp 3 miliar, sang calon disarankan minggir. Itu angka yang dipatok DPC Partai Hanura Sidoarjo untuk menentukan arah dukungannya terhadap kandidat bupati Sidoarjo yang akan dipilih pada Pilkada 2010 mendatang.

“Kalau cuma punya Rp 2 miliar-3 miliar, ya sebaiknya nggak usah mencalonkan diri jadi bupati. Uang segitu cuma cukup untuk mencalonkan diri jadi kepala desa. Apalagi kalau nggak punya uang,” ujar Ketua DPC Partai Hanura Sidoarjo, I Wayan Dendra, Kamis (7/1).

Berdasarkan kriteria DPC Partai Hanura Sidoarjo, sebelum maju ke ajang pilkada setiap calon harus memiliki track record yang bagus, memiliki investasi politik, sosial, spiritual, dan finansial. “Itu syarat yang harus dipenuhi agar bisa diusung Hanura,” tegas Wayan.

Wayan menjelaskan, syarat-syarat itu semuanya menduduki posisi yang sangat penting. Syarat investasi finansial misalnya. Itu diperlukan untuk membiayai sosialisasi kandidat.

Soal calon yang didukung Hanura, Wayan mengaku partainya sudah menggelar proses penjaringan. “Sudah mulai seminggu lalu, dan akan terus berlanjut sampai injury time,” katanya.

Menurut anggota Komisi C DPRD Sidoarjo ini, hampir seluruh bakal calon yang namanya sudah muncul ke permukaan seperti Saiful Ilah, Imam Sugiri, Khulaim Junaidi, dan H Sarto sudah melakukan lobi ke tim penjaringan dan penyaringan Hanura.

“Termasuk Bu Emy (Emy Susanti Hendrarso, istri Bupati Win Hendrarso, Red) juga sudah kontak-kontak telepon ke kami,” ucap laki-laki asal Jembrana, Bali itu.

Dia menambahkan, para bakal calon yang namanya sudah muncul ke permukaan termasuk pula Emy Susanti, cukup layak dicalonkan sebagai Bupati Sidoarjo periode 2010-2015.

Di bagian lain, Wayan ingin tokoh-tokoh muda Sidoarjo turut berlaga di ajang Pilkada Sidoarjo. Karena itu, lanjutnya, Hanura akan mengandengkan calon bupati yang mereka usung dengan tokoh muda Sidoarjo. “Sudah saatnya yang muda-muda tampil. Kalau yang tampil cuma yang tua-tua, berarti nggak ada permbaharuan,” tegasnya.

Bagaimana kekuatan Hanura yang cuma punya 3 kursi di DPRD Sidoarjo? Cukupkah untuk mengusung calon bupati? “Kmi akan koalisi. Untuk mengusung calon, syaratnya minimal 8 kursi. Jangan dikira partai-partai besar atau pemenang pemilu sekalipun bisa berhasil tanpa koalisi,” tandas Wayan.

Laporan: Satriyo Eko P.

Penindakan Ribuan Botol Miras Ilegal Bernilai Ratusan Juta di Medan
Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM), Arif Mulyadi, di acara 'Live on Ramadan' di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Maret 2024.

Viral Nasabah Lempar Piring saat Ditagih, Bos PNM Tegaskan Lindungi Karyawan

Bos PNM Arif Mulyandi menegaskan, pihaknya bakal berupaya untuk memberikan perlindungan maksimal kepada para Mantri PNM yang bertugas di lapangan.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024