Gelapkan Motor Lewat Facebook

Surabaya Post - Ini modus baru dan unik. Kejahatan yang dilakukan Fauziah Rahmawati alias Carla (19), warga Jl Karang Duren RT 03/02, Pakisaji, Kabupaten Malang, dengan kekasihnya, Mustofa Effendy alias Vicky (20), warga Gunung Klakah RT 35/ RW 16, Kabupaten Lumajang tergolong cukup berani.

Gadis muda ini menggelapkan dua motor pada dua tempat kejadian perkara (TKP). Dua motor tersebut adalah SuzukiS Satria N 26 20 LD warna merah hitam milik Khalid Jamal Afdad (23), warga Jl Diponegoro, Kelurahan Sisir dan sebuah motor Supra Fit N 6169 KV milik Ridlwan (28), warga Jl Lahor, Desa Pesanggrahan, Kota Batu.

Dua motor milik korban ini sudah dijual oleh Vicky di Ranuyoso, Lumajang dengan harga yang berbeda. Suzuki Satria dijual seharga Rp 2 juta dan Supra Fit senilai Rp 1 juta.

Kapolsek Batu, AKP Slamet Riadi membenarkan penangkapan kedua pasang anak muda tersebut. ”Keduanya mengaku baru dua kali melakukan aksi penggelapan, kita masih kembangkan kasus ini,” jelas Slamet, Jumat (15/1).

Hasil pemeriksaan terhadap tersangka, facebook hanyalah alat untuk menjaring calon korban. Carla menjadi umpan dari aksi kejahatan ini, karena itu gadis mungil inilah yang bertugas mencari calon korban.

Carla mencari mangsa melalui facebook, setelah menemukan mangsa, Carla dan korbannya saling bertukar nomor HP kemudian janjian temu darat. Pada 21 Desember 2009, Carla janjian ketemu dengan Khalid di sebuah warung lesehan Jl Diponegoro Kota Batu.

Saat dijemput Carla meminta agar Khalid menjemput Vicky yang dikenalkan sebagai kakak Carla. Ditengah asyiknya perbincangan Vicky meminjam motor Khalid dengan alasan akan menjemput pacarnya. Tanpa curiga korban menyerahkan kunci motor miliknya. Korban tidak curiga lantaran Carla masih bersamanya.

Beberapa saat setelah Vicky pergi Carla pamitan ke kamar mandi, ternyata itu hanyalah cara untuk melarikan diri. Korban baru sadar telah menjadi korban penipuan beberapa saat kemudian.

Sukses pada penipuan pertama, Carla kembali mencari korban. Kali ini ia berkenalan dengan Ridlwan juga melalui facebook. Keduanya janjian ketemu di sebuah café di Jl Imam Bonjol, Kelurahan Sisir pada hari Sabtu 2 Januari.

Kali ini Carla beraksi sendirian, ditengah asyiknya bercengkrama, Carla meminjam motor korban dengan alasan untuk membeli makanan. Namun ditunggu lama ternyata Carla tidak muncul lagi, korban pun melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Batu.

Vicky mengaku yang punya ide melakukan kejahatan ini. Ia mengaku butuh uang untuk makan dan sewa vila untuk menginap.”Waktu itu duduk-duduk di jalan, tidak punya uang, akhirnya kepikiran menggelapkan motor,” terang Vicky.

Uang hasil jarahan mereka gunakan untuk membeli makanan, pakaian serta kamera. Carla yang kini duduk di kelas 2 SMA di Kabupaten Malang ini mengaku pergi dari rumah karena ada masalah. Ia sudah tidak sekolah lagi lantaran tidak bayar uang sekolah.”Akhirnya saya pergi dari rumah dan kemudian menggenal Vicky dari free chat di sebuah televisi lokal,” kata Carla di Mapolsek sambil terus menunduk.zar

Laporan Zainul Arifin| Surabaya Post


Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024