Minum Air Rebusan Temulawak Ampuh Cegah Kanker

Temulawak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kanker menjadi momok yang ditakuti di dunia medis lantaran penyebab dan pengobatannya masih sangat minim. Tak heran, para dokter selalu menyuarakan pencegahannya termasuk mengonsumsi air rebusan temulawak.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Ada 2 Jenis Rimpang yang Dibenci Jin, Apa Saja?

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., temulawak sudah turun temurun digunakan dan dianggap manjur untuk mencegah timbulnya sel ganas. Penelitian pun sudah dilaku?an dan menunjukkan hasil yang baik.

"Peneliti in vitro hingga pra klinis mulai terlihat bukti-buktinya. Sifatnya anti toksis dan proliferasi," ujar Inggrid dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Senin 6 Juli 2020.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Dengan sifatnya itu, maka temulawak mampu menekan pertumbuhan sel kanker dan menghentikan penyebarannya. Kabar baiknya lagi, kata Inggrid, temulawak melakukan 'fungsi' tersebut tanpa menganggu pertumbuhan sel normal.

"Jadi sel kanker ditekan pertumbuhannya dan tanpa mengganggu sel normal," kata dia.

5 Cara Paling Mendasar untuk Cegah Kanker dalam Tubuh

Selain ada kecenderungan mengobati kanker, lanjutnya, sifat temulawak sangat tinggi akan antioksidan. Kita tahu, antioksidan sangat berguna sebagai pemusnah radikal bebas yang menyerang tubuh.

"Pencegahannya sendiri karena sifatnya antioksidan kuat jadi dapat disimpulkan bisa cegah kanker," tuturnya.

Ilustrasi ramuan herbal

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Mencegah penurunan daya tahan tubuh, sangat disarankan untuk meminum ramuan herbal secara rutin. Bahan-bahan herbal seperti temulawak, jahe, dan kunyit bisa dimanfaatkan.

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024