Dermaga Kapal Pesiar Garapan PT PP di Lombok Beroperasi Akhir 2019

Ilustrasi Kapal Pesiar yang singgah di Pelabuhan Pelindo III.
Sumber :
  • Dok. Pelindo III

VIVA – PT Pembangunan Perumahan Tbk menargetkan pembangunan Dermaga Gilimas di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) tuntas pada akhir Oktober 2019. Dermaga tersebut pun diharapkan mulai beroperasi pada November 2019.

Tim SAR Evakuasi Turis Wanita AS di Tengah Laut Semarang, Ada Apa?

Hal tersebut disampaikan Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea saat kunjungannya ke beberapa proyek PT PP di NTB Kemarin. PP dipercaya sebagai kontraktor pembangunan Dermaga Gilimas yang merupakan infrastruktur kepelabuhanan yang dikelola PT Pelindo III.

Dia menjabarkan, proyek Dermaga Cruise Gilimas dikerjakan sejak 20 Maret 2018. Saat ini progres pengerjaannya sudah 96,7 persen. 

Plesiran Pakai Kapal Pesiar Kian Diminati, Azamara Cruise Singgah di Bali

"Dermaga cruise akan siap beroperasi melayani kapal cruise pertama pada awal November 2019 serta sudah direncanakan ada 8 kapal cruise lainnya yang akan dilayani sampai akhir 2019," ujar Andi dikutip dari keterangannya, Jumat 6 September 2019.

Pada pembangunan proyek ini, lanjut Andi Gani, tim sudah mengimplementasikan pemanfaatan building information modelling (BIM). Sistem tersebut membantu segala pelaksanaan di lapangan menjadi lebih cepat dan praktis.

Liburan Anti Mainstream Cobain Naik Kapal Pesiar Dua Negara Sekaligus, Berapa Biayanya?

"Kecepatan kerja yang sudah dicapai dengan sangat baik oleh tim proyek agar dapat diikuti dengan kualitas yang juga terbaik," ujarnya.

Kunjungan kerja dilanjutkan ke Proyek Gas Engine Combine Cycle (GECC) Power Plant (Peaker) 130-150 MW. Menurut Andi, proyek kelistrikan milik PT PLN itu dikerjakan oleh konsorsium PP-Wartsila, di mana PT PP menjadi pemimpin konsorsium.

Proyek tersebut, ujar Andi, bertujuan memperkuat sistem kelistrikan Pulau Lombok. Saat ini, proses pengerjaannya sudah mencapai 85 persen dan diharapkan rampung pada Desember 2019 sehingga sistem simple cycle telah dapat beroperasi sebesar 120 mega watt dan dapat mendukung ekonomi pariwisata Lombok.

Dalam kunjungan kerja itu turut bersama Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sujana. Andi  mengapresiasi Kapolda NTB dan jajarannya, pemerintah daerah, serta masyarakat NTB atas situasi yang kondusif sehingga pelaksanaan proyek pembangunan yang dilakukan PT PP dapat berjalan dengan baik.

"Saya melihat kedua proyek itu penting dan mempunyai manfaat besar, khususnya untuk masyarakat Lombok. Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan menjadi berkah dan bisa bermanfaat bagi warga sekitar," ucapnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya