Tarif KA Semi Cepat Jakarta-Surabaya Sekitar Rp400 Ribu

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan bahwa tarif Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan dipatok di kisaran Rp400 ribu.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Budi menjelaskan, asumsi tarif itu adalah respons dari keinginan masyarakat soal keterjangkauan harga, meskipun dia mengaku bahwa angka itu hanya perkiraan dan masih mungkin direvisi nantinya.

"Kurang lebih Rp400 ribu, karena itu yang diminati (masyarakat). Maka kita akan optimalisasikan berapa investasinya dan berapa yang akan kita bebankan," kata Budi Karya di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 24 September 2019.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Mengenai berapa prediksi total dana investasi yang dibutuhkan proyek tersebut, Budi memperkirakan bahwa nilainya bisa mencapai Rp60 triliun.

Sehingga menurutnya prediksi mengenai kisaran tarif Rp400 ribu itu tidak akan bermasalah bagi investor, jika mengacu pada perkiraan investasi tersebut.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Meski demikian, lanjut Budi, apabila nilai investasi itu nantinya naik, maka kemungkinan tarifnya juga akan mengikuti sesuai regulasi dan ketentuan-ketentuan lain yang akan mengiringinya.

"Dengan pengembalian katakanlah 10 tahun, maka akan ketemu Rp400 ribu, tapi ini belum final. Ekspektasi kita itu Rp400.000-Rp450.000," kata Budi Karya.

KCIC memberikan kompensasi ke penumpang Whoosh.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memohon maag atas terkait keterlambatan perjalanan kereta cepat Whoosh sore tadi. KCIC pun memberikan kompensasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024