Kereta Cepat Whoosh Dikabarkan Mengalami Kebocoran, KCIC Buka Suara

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Jakarta -  Beredar sebuah video yang sempat viral di media sosial, yang memperlihatkan kondisi lantai Kereta Cepat Whoosh basah oleh air. Video yang disebut-sebut diambil saat berada di Stasiun Tegalluar itu ditambah muncul narasi kebocoran di sambungan gerbong 5 dan 6 dari kereta cepat Whoosh tersebut.

Long Weekend Hari Raya Waisak, Penumpang Whoosh Melonjak 30 Persen

Menanggapinya, General Manager (GM) Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC), Eva Chairunisa, membantah hal tersebut. Dia menjelaskan, hal itu terjadi karena hujan deras yang berlangsung pada Jumat, 12 April 2024.

"Tidak ada kebocoran di kereta cepat Whoosh," kata Eva kepada media, Jumat, 12 April 2024.

Prabowo Soal Kementerian Khusus Program Makan Gratis: Kita Sedang Pikirkan, Apa Itu Perlu?

Eva mengatakan, air yang masuk ke dalam kereta seperti yang nampak dalam video yang beredar, disebabkan karena tampias air hujan yang disertai angin kencang. Saat kejadian di Stasiun Tegalluar, terdapat satu rangkaian yang sedang melayani proses naik penumpang, yakni rangkaian kereta G 1234.

"Adapun kondisi yang terdampak tampias air hujan terjadi pada kereta 1 dan kereta 6," ujarnya.

Prabowo Subianto Jelaskan Apakah Program Makan Gratis Butuh Kementerian Khusus

Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Kondisi yang terjadi saat itu adalah cuaca di area peron stasiun Tegalluar dalam kondisi hujan deras disertai angin kencang. Namun, bersamaan dengan hujan disertai angin tersebut, sedang berlangsung proses keberangkatan yang membuat seluruh pintu kereta harus terbuka.

"Sehingga air hujan yang terbawa angin kencang mengarah ke dalam kereta melalui pintu kereta yang sedang terbuka," kata Eva.

Pada saat kejadian, petugas langsung melakukan pengeringan di seluruh area yang terkena tampias air hujan. Dalam kurun waktu 5 menit, kondisi kereta 1 dan 6 yang terdampak tampias air hujan sudah kembali kering seperti semula.

Eva menambahkan, pihak KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Whoosh dengan nomor perjalanan KA G 1234, relasi Tegalluar-Halim keberangkatan pukul 14.00 WIB. Permohonan maaf atas ketidaknyamanan pun menurutnya telah disampaikan langsung oleh kondektur, kepada seluruh penumpang selama perjalanan.

"Kereta cepat Whoosh didesain dan diproduksi sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang. KCIC berkomitmen untuk terus menyediakan layanan yang prima dan optimal kepada penumpang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya