Penumpang Kereta Cepat Whoosh Melonjak Drastis di Hari Lebaran

Kereta Cepat Whoosh (dok. KCIC)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh di hari Lebaran melonjak 30 persen. Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, melonjaknya penumpang itu terjadi pada keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang maupun Tegalluar.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

"KCIC sudah mengantisipasi peningkatan ini dengan menambah 12 perjalanan per hari hingga 18 April 2024," kata Eva dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Dia menjelaskan, peningkatan terlihat sejak lebaran hari pertama dan kedua. Setelah melakukan salat Ied, terlihat banyak penumpang yang langsung menggunakan Whoosh untuk bersilaturahmi keluarga ataupun wisata dan berlibur ke kota Bandung dan sebaliknya.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Dari pantauan KCIC, pada jam dan rute favorit angka okupansi bisa mencapai 80-95 persen. Misalnya seperti keberangkatan dari Halim pada Kamis 11 April 2024, mulai pukul 07.55, 08.20, sampai 12.00 WIB.

Kereta Whoosh (Doc: KCIC)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Bahkan, penjualan tiket tanggal 12 April 2024 juga signifikan karena okupansi pada jam-jam favorit sudah mencapai 85 persen.

"Pada hari lebaran KCIC memberangkatkan sebanyak 26 ribu penumpang. Jumlah ini naik sekitar 30 persen dibandingkan dengan masa normal sebelum angkutan lebaran," jelas Eva.

Eva pun memastikan volume penumpang tersebut masih akan bertambah karena penjualan tiket saat ini berlangsung secara online maupun offline. Terpantau kepadatan calon penumpang terus terjadi di loket dan mesin pembelian tiket, untuk reservasi maupun bagi pembelian go show.

Dengan 52 perjalanan per hari, penumpang mendapatkan banyak alternatif perjalanan Whoosh yang dapat mereka pilih sesuai kebutuhannya. Jarak antar jadwal atau headway Whoosh di jam sibuk mencapai 25-30 menit, sehingga membuat penumpang mendapatkan fleksibilitas yang tinggi.

Untuk melakukan pemesanan tiket, masyarakat dapat bertransaksi melalui aplikasi Whoosh maupun website ticket.kcic.co.id. untuk saat ini pembelian melalui 2 channel tersebut sudah memiliki fitur pembatalan dan Perubahan Jadwal secara online.

"KCIC terus persiapkan pelayanan sebaik mungkin pasca lebaran. Inovasi terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan-kemudahan penumpang yang akan menikmati layanan Whoosh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya