Cek Kesiapan Arus Balik di Bandara Soetta, Menhub: Saya Dapat Kejutan di Sini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 3 Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2024 di Terminal 1A, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat, 12 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Budi melakukan pengecekan mulai dari area kedatangan, bagasi, hingga area check-in keberangkatan di penerbangan domestik.

Dia mengaku dapat kejutan bahwa movement atau pergerakan pesawat sudah capai 1.236 di arus mudik lebaran 2024.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Saya dapat kejutan di sini dalam angkutan lebaran 2024 di Bandara Soetta. Di mana movement-nya (pergerakan pesawat) sebanyak 1.236," kata Budi di Bandara Soetta.

Menteri Budi Karya Sumadi berbincang dengan salah satu penumpang di terminal 1 bandara soetta

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Menurut dia, angka 1.236 pergerakan pesawat itu hampir mendekat data arus mudik Lebaran tahun 2019. Namun, jumlah pemudik untuk tahun ini lebih besar dibandingkan 2019.

"Angka ini sudah mendekati tahun 2019, yakni 1.280. Lalu, kejutan lainnya adalah jumlah penumpang lebih besar 101 persen di Bandara Soetta dibandingkan 2019," jelas Budi.

Budi pun mengapresiasi kinerja stakeholder di bandar udara, terutama dari sisi layanan. Seban, berdasarkan laporan seluruhnya sudah berjalan dengan lancar dalam transportasi udara.

Namun, ia mengingatkan agar semua pihak terkait saat ini mesti mengantisipasi masalah saat arus balik.

"Dan sekarang kita bersiap untuk hadapi masalah di arus balik mudik, yakni di bagasi karena jumlah penumpang yang datang melebihi yang berangkat. Semua, mulai dari pengelola sampai maskapai harus siap diri," ujarnya.

Budi dalam kesempatan itu juga bagikan bingkisan kepada para penumpang baik yang tiba atau hendak berangkat melalui Bandara Soetta. Ia juga sempat berbincang dengan sejumlah penumpang untuk menanyakan kondisi dan layanan di bandar udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya