Hari Ini, Tol Fungsional Jogja-Solo Bisa Dilintasi untuk Arus Balik Pemudik

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Surakarta – Guna mendukung pelayanan optimal bagi masyarakat yang bakal melakukan perjalanan pada arus balik pasca mudik dan menghabiskan liburan di wilayah Yogyakarta pada Lebaran 2024, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) mulai mengoperasikan Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Hal itu untuk mendukung arus balik sesuai jadwal secara satu arah pada 12 sampai 15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB secara satu arah dari Ngawen sampai Colomadu.

"Pada periode ini, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo akan beroperasi satu arah dari akses Ngawen (Klaten)/GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa). Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu. Di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting,’’ kata Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah, Jumat, 12 April 2024.

Nobar Timnas Indonesia U-23 di Alun-Alun Klaten, Penonton Dilarang Bawa Miras

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi cek tol fungsional Solo-Jogja

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Dia menambahkan, pihaknya mencatat pada periode arus mudik sebanyak 58.702 kendaraan melewati jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) ruas Colomadu sampai Ngawen (Klaten) sepanjang 22 KM. Angka itu merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama enam hari, yaitu pada 5-11 April 2024 yang beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Sandiaga Uno Bakal Ikut Nobar Timnas Indonesia di Depan Balai Kota Solo

Dirinya menambahkan, total kendaraan selama enam hari tersebut terdiri 40.965 kendaraan yang menuju Exit Ngawen (Klaten) dan 17.737 kendaraan menuju Exit Ceper Karanganom.

"Sementara itu, untuk volume lalu lintas tertinggi tercatat pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1445H (7 April 2024) sejumlah 6.924 kendaraan melalui Exit Ngawen (Klaten) yang masih merupakan exit favorit pengguna jalan, sedangkan untuk Exit Ceper Karanganom tercatat sebanyak 2.504 kendaraan," katanya. 

Pintu masuk tol fungsional Jojga-Solo di Banyudono, Boyolali

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Dengan jalur yang lebih panjang, PT JMJ berharap bisa memberi pelayanan yang lebih optimal pada masyarakat lantaran jalur fungsional tersebut bisa jadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalin yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta. Dengan melewati jalur fungsional ini, lanjutnya, masyarakat tak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas) serta waktu perjalanan dari Klaten menuju Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional.

"Melihat antusiasme masyarakat selama enam hari pengoperasian jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo kemarin, arus lalu lintas lancar, aman dan terkendali, PT JMJ optimis jalan tol fungsional ini juga dapat mendukung arus balik para pemudik atau wisatawan yang ingin kembali ke kota asalnya masing-masing," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya