Irjen Aan Minta Pemudik Tak Tunggu Puncak Arus Balik untuk Kembali ke Daerah Asal

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan di Command Center Cikampek
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Puncak arus balik mudik Lebaran 2024 diprediksi bakal dimulai pada Minggu, 14 April hingga Senin, 15 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"(Puncak arus balik) hari Minggu dan Senin," ucap Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan, Jumat 12 April 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

Photo :
  • Antara
Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Masyarakat diminta tidak pulang secara bersamaan ketika puncak arus balik. Hal itu tentunya guna menghindari kemacetan.

"Jangan tunggu puncak (arus balik), atau kami juga mengimbau menunda balik setelah tanggal 17, 18, 19 (April). Tol juga memberi potongan harga di tanggal 17, 18, 19 (April)," kata dia.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sebelumnya diberitakan, puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan akan terjadi pada hari Senin, 15 April 2024 mendatang. Sebab hingga saat ini diprediksi sebanyak 206 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. 

Jalan tol Solo-Jogja dibuka fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2024

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menjelaskan realisasi volume lalu lintas Mudik/Keluar Jakarta pada periode Lebaran H-7 hingga H1 (3 April sampai dengan 11 April 2024) melalui 4 Gerbang Tol Utama (GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) mencapai 1,5 juta kendaraan. Angka ini meningkat 45,6 persen terhadap normal dan meningkat 0,8 persen terhadap Lebaran 2023. 

“Kami perkirakan hari ini masih sekitar 206 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. Jumlah ini merupakan 11,7 persen dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang melewati empat gerbang tol utama. Nantinya total lalu lintas yang mudik ini akan kembali bersama-sama menuju Jabotabek dalam waktu yang cukup singkat pada periode arus balik yang diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari Senin, 15 April 2024 mendatang,” ujar Subakti dalam keterangannya Kamis, 11 April 2024. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya