Antisipasi Macet Horor, Menhub Imbau Pemudik Balik Lebih Awal

Arus Balik Lebaran 2023 Tol Cikampek Utama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Tangerang - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau agar para pemudik pulang dari kampung halaman menuju daerah perkotaan pada Sabtu besok, 13 April 2024. Sebab, puncak arus balik pemudik jalur darat diprediksi terjadi pada Minggu, 14 April 2024 dan Senin, 15 April 2024.

Menurut dia, dengan pulang pada Sabtu besok akan mencegah kemacetan parah di jalur darat

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Saya minta agar pemudik pulang besok, 13 April 2024, hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan atau kemacetan, terlebih di jalur darat," kata Budi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 12 April 2024.

Budi menyampaikan seperti itu karena arus balik via jalur udara, kereta api, atau laut sudah terskema dengan tiket. "Kalau darat kan tidak. Ini yang harus kita antisipasi," lanjut Budi.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Dia pun bicara soal langkah antisipasi pemerintah pusat terkait usulan diberlakukan Work Form Home atau WFH yang hingga saat ini masih dalam kajian. Usulan WFH itu untuk mengantisipasi membludaknya arus balik pemudik pada awal pekan depan.

"Ini juga sebagai solusi kami soal diterapkan atau tidaknya WFH, karena kan libur ini sudah panjang. Makanya, kita minta untuk pulang mudik hari ini," ujarnya.

Budi menambahkan, ada dua titik di jalur darat yang harus diwaspadai bila terjadi penumpukan volume kendaraan yakni Kalikangkung sampai Salatiga. Kemudian, di Simpang Susun Dawuan Km 66.

Lebih lanjut, dia menuturkan pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk mengurai titik kemacetan di jalur darat.

"Bagaimana cara mengurainya nanti. Dan kami juga terus cari solusi soal WFH ini, karena sudah diajukan tapi tunggu keputusan presiden," tuturnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya