Logo BBC

Sidang Parlemen Inggris, antara Brexit dan Daftar Belanja yang Panjang

Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato di parlemen Inggris. - BBC
Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato di parlemen Inggris. - BBC
Sumber :
  • bbc

Pemerintah Inggris pimpinan Perdana Menteri Boris Johnson menyampaikan kebijakan "ambisius" terkait kejahatan, kesehatan, lingkungan dan Brexit lewat Pidato Ratu yang dipandang oleh partai-partai oposisi sebagai sebuah "manifesto pemilu".

Pidato yang disusun pemerintah dan kemudian disampaikan Ratu Elizabeth II pada acara Pembukaan Sidang Parlemen tersebut juga berisi berbagai rencana hukuman yang lebih keras bagi pelanggar hukum pidana dengan kekerasan dan sasaran resmi pemotongan polusi plastik.

Wartawan BBC, Laura Kuenssberg, mengatakannya sebagai sebuah "daftar belanja yang panjang".

Tetapi karena PM tidak memiliki kekuasaan mayoritas, sebagian besar rancangan undang undang (RUU) tersebut kemungkinan tidak akan menjadi produk hukum.

Editor politik BBC mengatakan Johnson sangat ingin memusatkan perhatian pada "masalah kebutuhan sehari-hari" seperti pendanaan sekolah dan layanan kesehatan (NHS), atau cara baru dalam merawat para manula.

Tetapi tidak terdapat jaminan bahwa program legislatif ini akan disetujui parlemen. Jika para anggota parlemen menolaknya, maka ini akan memicu kembali desakan dilakukannya pemilihan umum.

Partai Buruh menyatakan keseluruhan hal ini sebagai sebuah "rekayasa" politik.