MK: Andalan Kami Transparansi

VIVAnews - Mahkamah Konsitusi beberapa kali mendapat penghargaan pengadilan paling transparan. Transparasi itulah diakui ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai andalan lembaga yang dipimpinnya tersebut.

Mahfud mengatakan salah satu bentuk transparasi yang ada dilembaganya adalah dengan memberikan putusan secepatnya. "Sepuluh menit setelah siang selesai, putusan bisa didapat," kata Mahfud MD, di Gedung MK, Jakarta, Senin 25 Januari 2010.Selain itu putusan dibacakan dan persidangan terbuka untuk umum.

Mahfud meyayangkan, kenapa di peradilan lain hal seperti ini tidak dilakukan. "Sebenarnya bisa, fasilitasnya sudah ada," kata dia. Di pngadilan umum putusan baru smapai ke pihak yang berprekara sampai dua bulan. "Hanya karena prosedur kaku yang dibawa sejak zaman Belanda," kata dia. Mahfud mengatakan, dengan transparasi rakyat akan mendorong suatu keadilan yang diinginkan.

dia mencontohkan kasus Bibit Chandra. Penyelesaian kasus kasus tersebut disebabkan dengan adanya transparasi. Terutama setelah rekaman pembicaraan antara anggodo dengan sejumlah pejabat tinggi diputar.

"Gerakan rakyat meledak, bahwa itu tidak benar," ujarnya. Akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut turun tangan menyelesaikan kasus tersebut.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024