Jokowi Resmikan Jembatan Holtekamp Papua Akhir Pekan Ini

Jembatan Holtekamp
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Papua pada akhir pekan ini. Kedatangan Jokowi ke Papua, salah satunya adalah untuk meresmikan Jembatan Holtekamp yang telah selesai dibangun.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Basuki menuturkan, bawahannya setingkat Direktur Jenderal atau eselon I sudah bertolak ke Papua untuk meninjau progres pembangunan jembatan tersebut.

"Katanya Sabtu. Ya itu memang presiden yang ke sana," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Basuki memastikan, kedatangan Jokowi ke Papua tak hanya untuk meresmikan Jembatan tersebut. Dipastikan ada kegiatan lainnya, layaknya kunjungan kerja Jokowi ke daerah lain.

"Ada, pasti, melihat kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan ada di Jayapura, Wamena, itu. Fix-nya jadwalnya rutenya belum dapat, tapi tadinya mau dari Jayapura dulu atau Sorong dulu," katanya. 

Kata Menteri PUPR Soal Bahaya COVID-19 dan Perubahan Iklim Sama

Kata Basuki, setelah Jokowi berkeliling ke Sorong, Manokwari, Jayapura, juga ada rencana meneruskan kunjungan ke Ambon dan Palu. "Jadi mungkin sampai selasa," tuturnya.

Jembatan Holtekamp ini diketahui mulai dikerjakan pada 2015. Lokasi Jembatan Holtekamp berada di Pantai Hamadi melewati Kampung Tobati dan Enggros. Dengan adanya jembatan ini, akses warga yang sebelumnya menggunakan perahu, bisa melalui akses jembatan. 

Lengkungan jembatan berwarna merah itu dibangun oleh PT PAL di Surabaya. Kemudian, lengkungan itu dibawa menggunakan kapal tongkang melewati perairan Banda. Peresmian jembatan ini beberapa kali tertunda karena berbagai alasan, salah satunya pembebasan lahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya