Logo BBC

Brexit: Inggris Keluar dari Uni Eropa Ditunda Lagi

- AFP Getty
- AFP Getty
Sumber :
  • bbc

Para pimpinan Uni Eropa secara prinsip sepakat untuk memperpanjang Brexit sampai tanggal 31 Januari 2020, yang berarti Inggris tidak akan keluar dari Uni Eropa pada hari Kamis (31/10) seperti rencana sebelumnya.

Presiden Dewan Uni Eropa (EU) Donald Tusk mengatakan keputusan ini adalah "flextension" - yang berarti Inggris dapat keluar sebelum batas waktu jika kesepakatan tercapai di Parlemen.

Perkembangan ini terjadi ketika Majelis Rendah Inggris bersiap-siap melakukan pemungutan suara atas sejumlah usulan Perdana Menteri Boris Johnson yang ingin mengadakan pemilihan umum dini pada tanggal 12 Desember sebagai upaya mengatasi kebuntuan Brexit.

Partai Nasional Skotlandia (SNP) dan Liberal Demokrat juga mengusulkan dilaksanakannya pemilu pada tanggal 9 Desember.

Pemerintah tidak mengesampingkan kemungkinan tidak dapat memenuhi jadwal tersebut, jika Majelis Rendah kemudian gagal menyetujui tanggal pemilu yang diinginkan.

Inggris dijadwalkan keluar dari Uni Eropa pada hari Kamis, tetapi PM Johnson diwajibkan untuk mengajukan perpanjangan karena Parleman Inggris gagal menyepakati kesepakatan Brexit.

Boris Johnson berulang kali mengatakan Inggris tetap akan keluar pada batas waktu tanggal 31 Oktober apa pun yang terjadi, tetapi undang undang yang bernama Benn Act juga mewajibkannya untuk menerima tawaran Uni Eropa.