Hendak Diklaim China, RI Perkuat Jalur Perniagaan dengan Bukti Sejarah

Rempah-rempah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Tak hanya itu, negara yang pernah dijuluki sebagai Macan Asia ini nyatanya juga memiliki peran penting membuka jalur perdagangan yang disebut jalur rempah.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Namun sayangnya, sejarah akan jalur rempah yang dilakukan Indonesia, tertutupi dengan klaim yang dilakukan negara China melalui pendaftaran diri kepada UNESCO, bila negara tirai bambu tersebut memiliki peran utama dalam sejarah jalur perdagangan yang disebut jalur sutra.

Menanggapi hal itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membuat sejumlah upaya dalam mengembalikan atau mengingatkan kembali kepada generasi, bahwa Indonesia memiliki peran aktif membuka perdagangan internasional melalui jalur rempah.

Menhan Prabowo Beli 2 Kapal Perang Fregat PPA Buatan Italia Untuk Perkuat Alutsista TNI AL

"Upaya kita dalam membuat masyarakat mengetahui jalur rempah dengan cara, membuat berbagai acara kreativitas rempah-rempah yang sertai dengan pengenalan atau seminar sejarah jalur rempah, begitupun dengan asal usul rempah-rempah," kata Kepala Bidang Penguatan Karakter Bangsa Maritim Kemenkomatirim, Ardiansyah saat membuka Spice Route Culture di Tangerang, Selasa, 29 Oktober 2019.

Selain itu, pihaknya juga secara aktif bekerja sama dengan sejumlah instansi ataupun kementerian untuk membangun kembali sejarah jalur rempah.

10 Negara Afrika dengan Kekuatan Angkatan Laut Paling Mengerikan

"Selain seminar, kita juga bangun kembali sejarah jalur rempah melalui Kemendikbud-dikti dengan menyusun buku mengenai jalur rempah yang diharapkan dapat memberi gambaran rinci perjalanan sejarah rempah di Indonesia yang menjadi komoditas utama perdagangan dunia dan salah satu faktor penentu berkembangnya perdagangan global pada masa lampau," ujarnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, pihaknya meyakini bangsa Indonesia dapat kembali membangun poros maritim dunia dalam segi budaya dan perdagangan. [mus]

Produksi rumput laut Indonesia bisa menjadi andalan ekspor.

Kandungan Utama Rumput Laut, Kaya Antioksidan

Kandungan utama rumput laut adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, nutrisi yang tinggi serta kaya antioksidan membuatnya bisa dimanfaatkan berbagai industri.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024