RI Bangun Kapal Selam Sekelas Scorpene, Pengamat: Langkah Maju Pertahanan di Sektor Maritim

Kapal selam Scorpene.
Sumber :
  • Sputniknews

Jakarta - PT PAL Indonesia dan Naval Group bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan RI yang dipimpin Prabowo Subianto. Kerja sama itu terkait menggarap dua kapal selam Scorpene Evolved Full LiB.

Kandungan Utama Rumput Laut, Kaya Antioksidan

Langkah kerja sama itu bagian upaya pemerintah membangun postur pertahanan yang ideal.
Sebelumnya, RI meneken perjanjian industri pertahanan dengan Prancis pada Agustus 2021.

Saat itu, RI sepakat menunjuk Naval Group dan PT PAL Indonesia untuk mengerjakan proyek kapal selam bersama.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Kemudian, pada Februari 2022, dua perusahaan itu juga bekerja sama melalui perjanjian kemitraan strategis.
Dalam kerja sama itu, kontrak mencakup pengiriman dua kapal selam Scorpene yang bakal dibangun di galangan kapal PT PAL.

Dalam praktikya nanti akan melibatkan transfer of knowledge (ToK) dan transfer of technology (ToT) dari Naval Group. Kerja sama itu juga dengan memanfaatkan 100% aset produksi PT PAL.  

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

PT PAL Indonesia dan Naval Group saat tandatangan kerja sama.

Photo :
  • istimewa

Momen penandatanganan kesepakatan itu juga disaksikan langsung oleh Prabowo dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly, di Kemhan RI, Jakarta.

Pengamat pertahanan Khairul Fahmi menyampaikan pandangannya dengan adanya kerja sama antara kedua negara itu bakal berdampak positif ke depan. Dia menjelaskan ada manfaat langsung berupa penambahan kekuatan dengan hadirnya dua kasel Scorpene.

Menurut Fahmi, kerja sama ini sebagai langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional khususnya di sektor maritim.

"Kerja sama Naval Group dan PT PAL ini, menurut saya adalah langkah maju dalam pembangunan pertahanan nasional khususnya di sektor maritim. Terutama terkait penguasaan teknologi," kata Fahmi, dalam keterangannya dikutip pada Rabu, 3 April 2024.

Dia menyebut kesepakatan kerja sama yang mencakup skema alih teknologi, riset dan pengembangan kapal selam akan meningkatkan kapabilitas serta peluang bisnis bagi industri pertahanan nasional.

“Bahkan menurut saya, jika berjalan sesuai rencana, dampak kerja sama ini bisa jauh lebih besar dibanding kerja sama dengan mitra sebelumnya, yaitu DSME (Hanwha Ocean) Korea Selatan,” jelas Fahmi.

Kelebihan Scorpene

Scorpene Evolved Full LiB yang akan dibangun PT PAL merupakan kapal selam yang dilengkapi sistem energi mutakhir dengan mengoptimalkan baterai Lithium-ion. Kapal canggih tersebut punya banyak keunggulan otomatisasi yang memungkinkan pengoperasian dengan jumlah awak kapal lebih sedikit.

Penggunaan baterai juga akan memungkinkan waktu pengisian yang lebih singkat. Kondisi itu akan mampu meningkatkan daya tahan total hingga 80 hari dengan 78 hari terendam.

Adapun kapal punya kecepatan lebih tinggi dan kemampuan jelajah lebih dari 8000 mil laut. Dengan keunggulan itu akan janjikan tercapainya mobilitas taktis yang lebih optimal.

Selain itu, kapal selam Scorpene model terbaru ini juga punya kelebihan lain karena siap beroperasi lebih senyap dan tersembunyi. Hal itu baik di perairan dalam maupun dangkal untuk menjalankan berbagai misi seperti perang anti-permukaan dan anti-kapal selam, hingga pengumpulan intelijen maupun operasi khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya