Terpopuler: Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan Ansor, Bos Yakuza Jual Bahan Senjata Nuklir

Ustaz Syafiq Riza Basalamah merespons pembubaran ceramahnya oleh GP Ansor
Sumber :
  • IG: syafiqrizabasalamah_official

Jakarta - Majelis pengajian yang menghadirkan penceramah Syafiq Riza Basalamah di sebuah masjid di Surabaya, Jawa Timur, setelah ditolak oleh organisasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Peristiwa tersebut bahkan diwarnai aksi saling pukul yang bermula dari jemaah pengajian mengeroyok hingga lima anggota Banser terluka.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Kejadian itu menyita perhatian warganet secara luas. Bahkan penulis novel Tere Liye turut berpolemik dengan menyampaikan protes kepada Nahdlatul Ulama (NU), organisasi induk GP Ansor. Dia meminta NU untuk bergerak, bukan cuma diam menjadi penonton di tengah kegaduhan.

Berita seputar keributan antara jemaah pengajian Syafiq Riza Basalamah dengan anggota Banser itu menjadi artikel terpopuler di VIVA sepanjang hari kemarin. Bukan hanya karena peristiwa cekcok dan baku pukulnya melainkan juga lantaran diprotes penulis novel kondang dan berkaitan dengan organisasi massa Islam terbesar di Indonesia.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Selain itu, ada tiga artikel terpopuler lainnya yang telah dihimpun oleh tim redaksi, di antaranya kebijakan pemerintah Somalia yang mengizinkan satu negara untuk menjaga wilayah maritim mereka, bos Yakuza di Jepang didakwa menjual bahan baku untuk membuat senjata nuklir, dan gaji dan tunjangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Simak ulasan selengkapnya dalam artikel-artikel berikut ini:

1. Syafiq Riza Basalamah ditolak GP Ansor

Tangkapan layar video kericuhan antara jemaah Ustaz Syafiq Riza Basalamah dengan Ansor dan Banser di Surabaya. (Istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Kericuhan hingga saling pukul dilaporkan terjadi di acara pengajian yang diampu Ustaz Syafiq Riza Basalamah, di Masjid Assalam, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 22 Februari 2024, setelah ditolak Gerakan Pemuda Ansor setempat. Akibatnya, pengajian tersebut bubar. Baca selengkapnya di sini.

2. Somalia izinkan negara ini jaga maritim mereka

Ilustrasi maritim Somalia

Photo :
  • Somalialand Standart

Dewan Menteri Somalia mengesahkan perjanjian maritim baru dengan negara Turki yang melakukan outsourcing perlindungan perairan teritorial Somalia selama sepuluh tahun, lapor situs berita nasional Somalia Garowe. Perjanjian tersebut memberi Turki “otoritas komprehensif” atas pertahanan dan pengelolaan wilayah maritim Somalia, lapor surat kabar tersebut. Baca selengkapnya di sini.

3. Bos Yakuza jual bahan senjata nuklir

Bos mafia Yakuza Takeshi Ebisawa

Photo :
  • WION

Bos sindikat mafia Yakuza Jepang didakwa mencoba menjual bahan nuklir tingkat senjata dari pemimpin kelompok pemberontak etnis di Myanmar, menurut dakwaan baru dari Departemen Kehakiman AS. Takeshi Ebisawa, seorang tersangka pemimpin yakuza yang ditangkap pada tahun 2022 atas tuduhan konspirasi perdagangan narkoba dan senjata, menghadapi beberapa dakwaan baru karena diduga mencoba menjual bahan nuklir kepada seseorang yang dia yakini adalah seorang agen dari Iran, dengan imbalan sejumlah besar senjata. Baca selengkapnya di sini.

4. Pendapatan AHY sebagai menteri

Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • Instagram @agusyudhoyono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Rabu, 21 Februari 2024. Setelah dilantik, AHY tentu akan menerima gaji dan tunjangan sesuai dengan jabatannya. Lantas, berapa besaran gaji dan tunjangan AHY menjadi Menteri ATR/BPN? Baca selengkapnya di sini.

5. Tere Liye protes NU efek pengajian Syafiq Basalamah

Penulis, Tere Liye

Photo :
  • Gramedia Blog

Penulis novel Negeri Para Bedebah, Tere Liye, turut menyorot aksi Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang menolak pengajian Ustaz Syafiq Basalamah di Masjid Assalam Purimas Surabaya, Kamis, 22 Februari 2024. Merespons hal tersebut, Tere Liye sontak menyemprot Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) selaku lembaga yang menaungi GP Ansor. Dia meminta NU untuk bergerak, bukan cuma diam menjadi penonton di tengah kegaduhan. Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya