Bos Yakuza Ditangkap Usai Jual Uranium yang Digunakan Untuk Buat Senjata Nuklir

Bos mafia Yakuza Takeshi Ebisawa
Sumber :
  • WION

Jepang – Bos sindikat mafia Yakuza Jepang telah didakwa mencoba menjual bahan nuklir tingkat senjata dari pemimpin kelompok pemberontak etnis di Myanmar, menurut dakwaan baru dari Departemen Kehakiman AS.

Perang Israel-Iran, Kedua Negara Berpotensi Gunakan Nuklir?

Takeshi Ebisawa, seorang tersangka pemimpin yakuza yang ditangkap pada tahun 2022 atas tuduhan konspirasi perdagangan narkoba dan senjata, menghadapi beberapa dakwaan baru karena diduga mencoba menjual bahan nuklir kepada seseorang yang dia yakini adalah seorang agen dari Iran, dengan imbalan sejumlah besar senjata.

Agen tersebut menyamar sebagai penyelundup narkotika dan senjata dan mengklaim bahwa mereka memiliki akses ke seorang jenderal Iran. Sampel bahan yang disita kemudian ditemukan mengandung uranium dan plutonium tingkat senjata, melansir laporan The Guardian, Jumat, 23 Februari 2024.

10 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia, Punya Jutaan Militer dan Ribuan Senjata Nuklir

Uranium.

Photo :
  • IFL Science

Agen yang menyamar tersebut diduga setuju untuk membantu Ebisawa menjual materi tersebut ke sumber rahasia lainnya yang juga menyamar sebagai jenderal Iran. Agen tersebut bertanya kepada Ebisawa apakah bahan tersebut dapat digunakan untuk senjata nuklir, dan mengatakan bahwa Iran membutuhkannya “untuk senjata nuklir.”

Terpopuler: Pengajian Syafiq Basalamah Dibubarkan Ansor, Bos Yakuza Jual Bahan Senjata Nuklir

Ebisawa mengirimkan gambar “yang menggambarkan zat batuan dengan penghitung Geiger yang mengukur radiasi,” menurut dakwaan, serta halaman-halaman yang menurut Ebisawa adalah analisis laboratorium “yang menunjukkan adanya unsur radioaktif thorium dan uranium.”

Menurut dakwaan baru, Ebisawa pada tahun 2020 mengatakan kepada sumber rahasia Badan Pengawasan Narkoba dan agen DEA yang menyamar bahwa dia memiliki akses terhadap bahan nuklir yang ingin dia jual, dan menanyakan apakah mereka memiliki pembeli uranium. “Saya kira begitu dan saya berharap demikian,” kata Ebisawa, sesuai dengan dakwaan.

Pada tahun 2021, Ebisawa mengatakan kepada agen yang menyamar bahwa seorang pemimpin kelompok pemberontak yang tidak disebutkan namanya di Myanmar, negara yang sebelumnya dikenal sebagai Burma, dapat menjual bahan nuklir, termasuk uranium, melalui Ebisawa kepada jenderal fiktif Iran untuk mendanai pembelian senjata dalam jumlah besar, dakwaan tersebut mengatakan.

Dalam rekaman video, perantara pemimpin kelompok pemberontak tersebut mengklaim bahwa pemimpin tersebut memiliki ribuan kilogram bahan nuklir dan “dapat memproduksi sebanyak lima ton bahan nuklir di” wilayah yang dikuasai pemimpin tersebut.

Selama panggilan telepon, agen DEA yang menyamar menanyakan tentang pertukaran uranium dengan senjata dari Iran, yang disetujui oleh pialang dan pemimpin tersebut.

Bos mafia Yakuza Takeshi Ebisawa

Photo :
  • WION

Pada tahun 2022, penegak hukum Thailand menemukan sampel nuklir yang sebelumnya ditunjukkan kepada agen oleh para pialang dan menyerahkannya kepada pihak berwenang AS, kata dakwaan tersebut.

Laboratorium forensik nuklir yang memeriksa sampel tersebut menemukan bahwa sampel tersebut memang mengandung uranium, thorium, dan plutonium dan plutonium tersebut dapat digunakan untuk senjata.

“Jika diproduksi dalam jumlah yang cukup “(itu) akan cocok untuk digunakan dalam senjata nuklir,” kata dakwaan mengenai plutonium yang ditemukan dalam sampel tersebut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya