5 Alasan Sigid Serahkan Rp 500 Juta ke Willi

VIVAnews - Terdakwa kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnain, Sigid Haryo Wibisono melakukan klarifikasi terhadap uang sebesar Rp 500 juta yang diduga sebagai dana operasional pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran itu.

"Mohon yang mulia untuk mencatat, bahwa saya tidak pernah menawarkan bantuan dana. Saya memberi karena permohonan pinjaman dana," kata Sigid ketika membacakan pembelaannya di depan persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 26 Januari 2010.

Dia mengatakan uang itu dipinjamkan untuk dua alasan. Pertama, uang itu akan digunakan untuk biaya kuliah anak Williardi di Australia. Yang kedua, lanjut dia, dana itu juga untuk biaya operasional melaksanakan tugas menanggulangi teror yang diterima Antasari. "Tentang alasan pertama saya tidak keberatan. Walaupun saya belum lama mengenal Williardi, saya sudah sering memberi bantuan," kata dia.

Namun, terkait alasan kedua, yaitu untuk dana operasional penanganan teror, Sigid mengaku sempat melakukan konfirmasi kepada Antasari untuk meminta persetujuan. Ketika dikonfirmasi, kata dia, Antasari menyetujui dan berjanji akan mengembalikan jika tidak diganti oleh Williardi. "Mendengar Jawaban ini, saya pun tenang," kata dia.

Sigid pun menggaris bawahi aliran dana sebesar Rp 500 juta kepada Williardi. Setidaknya dalam pembelaannya, Sigid menemukan lima hal penting sebagai motivasi dia menyerahkan uang kepada Williardi.

Pertama, akadnya adalah pinjaman dari Williardi kepada Sigid. Kedua, ada klarifikasi dan persetujuan dari Antasari untuk mengganti jika Williardi tidak mengembalikan pinjaman tersebut. "Ketiga, unsur sosial, yakni membantu seorang anak yang tengah menuntut ilmu di luar negeri," kata dia.

Sementara keempat, Sigid mengaku paham bahwasannya dana itu digunakan untuk mendukung tugas kepolisian. Sigid mengaku tidak keberatan untuk membantu, apalagi hanya dengan meminjamkan uang. Dan kelima, yang menurut Sigid amat penting, saat menerima uang dari saya, Kombes Pol Williardi menyerahkan kepada saya sebuah cek kontan dari Bank BRI dengan nomor 373627 senilai Rp. 500 juta yang baru bisa dicairkan satu bulan kemudian. "Ini disebutkan Kombes Pol Williardi Wizar sebagai pengganti pinjaman itu," kata dia.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024