Ditunjuk Jadi Dirjen Pajak, Suryo Utomo Dapat Misi Khusus

Suryo Utomo dilantik menjadi Dirjen Pajak Kementerian Keuangan
Sumber :
  • VIVAnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Suryo Utomo sebagai Direktur Jenderal Pajak menggantikan Robert Pakpahan yang memasuki masa pensiun. Surypo sebelumnya merupakan staf ahli menteri keuangan bidang kepatuhan pajak. 

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Kepada Suryo Utomo, Sri Mulyani mengingatkan tugas dan tanggung jawab Dirjen Pajak sangat berat. Karena 70 persen penerimaan di dalam APBN kita yang berasal dari penerimaan pajak digunakan untuk mendukung seluruh aktivitas republik ini. 

"Perjalanan karir Bapak, saya anggap sangat lengkap untuk bisa menyiapkan diri di dalam posisi sebagai Dirjen pajak yang dipercayai oleh bapak Presiden untuk bisa menjalankan tugas ini," ujar Sri dalam sambutannya di pelantikan pejabat di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat 1 November 2019. 

Jadi Tersangka, Dua Penyuap Angin Prayitno Aji Ditahan KPK

Sri menambahkan, terdapat empat kriteria yang harus dimiliki oleh dirjen pajak untuk dapat mengakselerasi kinerjanya. Yaitu kompetensi, keikhlasan dan senang melayani, memiliki keahlian dan berintegritas. 

Dia pun mengigatkan Jokowi pada waktu pelantikan para menteri beberapa hari lalu memintanya untuk membuat bagaimana pajak yang ramah investasi. Oleh karena itu, Ditjen Pajak perlu terus membenahi diri. 

Kasus Pencucian Uang, KPK Sita Aset Puluhan Miliar Eks Pejabat Pajak

Bagaimana membuat orang akan mau dengan ikhlas membayar pajak, dengan berbagai kemudahan pengurusan kewajiban perpajakan. Sehingga masyarakat merasakan manfaatnya. 

“Direktorat Jenderal Pajak diharapkan untuk bisa meneruskan seluruh reformasi fundamental di Direktorat Jenderal Pajak yang telah dilaksanakan selama ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pria kelahiran 26 Maret 1969 ini merupakan pejabat karir di Kemenkeu. Pada 2010-2011 dia pernah menjabat sebagai Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I. Kemudian naik jabatan menjadi Direktur Pengaturan Perpajakan I hingga 2012, dan pada 2015 dipercaya menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Pajak. 

Suryo diketahui merupakan lulusan Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro pada 1992. Dia kemudian mendaoatkan gelar S2 nya Master of Taxation di University of Southern California pada 1998 dan lulus S3 dengan gelar Doctor of Philosophy in Taxation di Universitas Kebangsaan Malaysia pada 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya