Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Terdampak Gempa Laos

Dampak gempa 6,1 SR di Laos berbatasan dengan Thailand
Sumber :
  • Twitter @Ruamduay

VIVA – Kedutaan Besar RI di Laos memastikan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban gempa pagi ini. Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Laos yang berbatasan dengan Thailand.

Ditekuk Jepang, Indonesia Tantang Thailand di Perempat Final Uber Cup 2024

"Hingga saat ini tidak terdapat informasi adanya korban WNI. Jumlah WNI di Laos adalah 297 orang," demikian keterangan resmi KBRI Vientiane, Kamis 21 November 2019.

KBRI Vientiane telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat WNI untuk berjaga-jaga dan melaporkan apabila terdampak gempa. Adapun nomor hotline KBRI adalah + 856 20 55 97 05 20 (Tatiana Handayani) dan +856 20 55 97 0581 (Inke H. Dinesia).

Heboh Biskuit Keping Langka Bakal Hadir di Indonesia, Yuk Kenalan Sama Karakter Mew dari Pokemon

"KBRI akan terus memantau kondisi keselamatan WNI di wilayah Laos," tulis keterangan tersebut.

Pagi hari tadi telah terjadi serangkaian gempa di wilayah Laos. Hingga saat ini terdapat tiga gempa besar masing-masing pukul 04.03 (5,7 SR), 04.19 (4,6 SR), dan 06.50 (6,1 SR). Pusat gempa berada di sekitar Xayabouri, ibu kota Provinsi Sainyabuli. Jarak dari ibu kota Vientiane dengan Xayabouri adalah 165,4 kilometer.

Indonesia ke Perempat Final Thomas Cup, Begini Kata Chico Aura Dwi Wardoyo

Dilansir Channel News Asia, gempa itu terasa di seluruh wilayah Thailand utara dan oleh warga di gedung-gedung tinggi di Bangkok yang berjarak lebih dari 600 kilometer ke selatan. Sementara itu, warga di dekat episentrum mengaku merasakan beberapa kali gempa susulan.

Departemen Meteorologi Thailand mengatakan tidak ada laporan mengenai kerusakan parah. Namun, para pejabat terkait masih akan memeriksa beberapa situs bersejarah di kawasan tersebut.

Ilustrasi cuaca panas

Sekolah di Filipina Tutup Hingga 30 Orang di Thailand Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan tengah menghadapi cuaca panas ekstrem. India pada awal pekan ini melaporkan suhu panas mencapai 42 derajat Celcius.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024