Jadi Penyumbang PNBP Terbesar, Freeport Diganjar IMA Award 2019

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyerahkan penghargaan IMA 2019 kepada PTFI.
Sumber :
  • Dok. PT Freeport Indonesia

VIVA – Perusahaan tambang emas terbesar di Tanah Air, yaitu PT Freeport Indonesia menjadi perusahaan yang memberikan kontribusi terbesar terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP ke Pemerintah Indonesia. Atas kontribusi itu PTFI dianugerahi Indonesia Mining Association atau IMA Awards 2019.

MIND ID Cetak Pertumbuhan Positif di 2023, Simak Rinciannya

Kontribusi PTFI terhadap PNBP Indonesia tersebut mencapai lebih dari 10 persen atau sebesar Rp4,2 triliun pada 2018. Kontribusi tersebut naik 51 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,02 triliun.  

Atas kontribusi besar dari PTFI ini mendorong realisasi PNBP Indonesia pada sepanjang 2018 di sektor pertambangan mineral dan batu bara mencapai Rp32,2 triliun. 

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

Ketua IMA Ido Hutabarat mengatakan, IMA Awards adalah bentuk apresiasi kepada perusahaan tambang anggota IMA yang telah berkontribusi terhadap negara, lingkungan, keselamatan kerja, serta masyarakat lingkar tambang. 

"Pemberian penghargaan ini, sebagi dorongan semangat kepada perusahaan anggota IMA untuk berkontribusi lebih baik lagi kepada negara dan masyarakat," kata Ido dalam keterangannya, dikutip Senin 25 November 2019.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Tak hanya terkait PNBP, PTFI juga mendapatkan penghargaan lain pada kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik. PTFI memiliki setidaknya enam program pengembangan kepada masyarakat.

Tercatat PTFI memiliki program pendidikan, program kesehatan, program tingkat pendapatan riil/pekerjaan, program kemandirian ekonomi, program sosial dan budaya, serta program infrastruktur.

Seperti pada, program Tingkat Pendapatan Riil/Pekerjaan diimplementasikan oleh PTFI bermitra dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk meluncurkan Rumah Kreatif BUMN di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. 

Melalui program ini, sebuah usaha perkebunan rakyat di area SP-12, Distrik Kuala Kencana telah dirintis seluas puluhan hektare dan sejauh ini telah ditanami 10 ribu pohon Kakao. Di samping itu Koperasi Kopi Amungme dan Pertanian Kelapa serta Kakao berjalan dengan dukungan dari PTFI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya