BTN Gandeng JICA Perkuat Modal Pembangunan Perumahan

Ilustrasi Bank BTN
Sumber :
  • Dok. BTN

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BTN menyatakan, saat ini mereka tengah melakukan penjajakan dengan pihak Japan International Cooperation Agency atau JICA, guna memperkuat aspek pendanaan bagi pembiayaan pembangunan perumahan.

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Direktur Finance, Planning, and Treasury BTN, Nixon L. P. Napitupulu memastikan, pihak JICA pun telah menyatakan minatnya untuk menyuntikkan modal kepada BTN, demi pembangunan perumahan di rural area seperti misalnya di Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

"Komitmen JICA itu disampaikan saat direksi Bank BTN kunjungan kerja ke Jepang beberapa waktu lalu," kata Nixon di kantornya, kawasan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Rabu 27 November 2019.

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Terkait berapa nilai komitmen investasi yang akan diberikan JICA kepada BTN, Nixon pun masih enggan merincinya secara lebih detail. Dia mengaku masih akan menunggu terlaksananya proses penandatanganan MoU kerja sama kedua pihak.

"Sudah ada penandatanganan untuk sama-sama menjaga kerahasiaan data di antara kami. Mudah-mudahan MoU (komitmen investasi) bisa dilakukan pada Desember 2019 nanti," ujar Nixon.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Nixon menjelaskan, keinginan JICA melalui kerja sama ini adalah agar perumahan yang nantinya dibangun BTN itu, bisa berdekatan dengan transportasi publik sehingga dapat menarik minat bagi para calon pembeli, khususnya dari kalangan milenial.

Di sisi lain, lanjut Nixon, BTN berharap jika pinjaman yang nantinya dikucurkan JICA itu akan memiliki tenor panjang dan sudah dalam bentuk rupiah. "Kita harap bisa dapat pinjaman dalam rupiah dengan tenor panjang, makanya ini sedang tahap penjajakan," kata Nixon.

"Karena kalau kerja sama ini bisa terbentuk secara berkelanjutan, maka nanti kita juga bisa biayai perumahan yang rate-nya di atas FLPP," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya