Genjot Industri Hijau, 15 Pabrik AQUA Borong Penghargaan Kemenperin

Aqua
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebanyak 15 Pabrik Danone-AQUA mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perindustrian tahun ini. Pabrik itu dinilai bijak menggunakan Sumber Daya Alam dan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. 

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Karena operasionalnya tersebut, 15 pabrik itu bisa mendorong efektivitas dan efisiensi secara berkelanjutan dari sisi operasional. 

Penghargaan ini diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian RI, Achmad Sigit Dwiwahjono mewakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kepada perwakilan dari 15 Pabrik Danone-AQUA pada di Jakarta Senin kemarin. 

Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

Achmad mengungkapkan, saat ini industri hijau sudah menjadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. 

Penerapan konsep industri hijau bertujuan untuk mendorong berbagai perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi melalui penghematan biaya dan sumber daya alam. 

LPEI Buka Pasar Produk Mamin RI ke Singapura dan Malaysia

"Dalam hal Kemenperin mempunyai dua strategi utama yaitu melalui kegiatan Penghargaan Industri Hijau, Sertifikasi Industri Hijau, Rintisan Teknologi Industri, Litbang Unggulan, dan Sarana Penelitian Industri Terapan," kata Achmad dikutip dari keterangannya, Selasa 17 Desember 2019. 

Sementara itu, Vice President Operations Danone-AQUA David Bidau mengungkapkan, Seluruh pabrik AQUA di Indonesia telah menerapkan prinsip industri hijau dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari. Yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak. 

David menambahkan, pihaknya pun menerapkan planet sirkular dalam operasionalnya, yaitu sirkular kemasan, sirkular air, dan sirkular karbon. Sirkular kemasan dijalankan melalui penggunaan kemasan ramah lingkungan dan pengelolaan sampah plastik.

Sementara itu, sirkular air diimplementasikan melalui pengelolaan dan konservasi sumber daya air secara terpadu. Sedangkan sirkular karbon diwujudkan melalui kebijakan kenetralan karbon yang dicapai melalui pengurangan emisi karbon dan efisiensi energi. 

"Hal itu didasarkan pada visi yang diemban Danone-AQUA, One Planet One Health,  melalui suatu pemahaman bahwa kesehatan masyarakat dan kesehatan bumi memiliki hubungan yang sangat erat untuk menjaga agar bumi sehat dan lestari," tambahnya. 
 
15 pabrik Danone-AQUA yang meraih Penghargaan Industri Hijau adalah Pabrik AQUA Ciherang, Pabrik AQUA Subang, Pabrik AQUA Cianjur, Pabrik AQUA Mekarsari, Pabrik AQUA Babakan Pari, dan Pabrik AQUA Citeureup. 

Kemudian, Pabrik AQUA Klaten, Pabrik AQUA Wonosobo, Pabrik AQUA Pandaan, Pabrik AQUA Kebon Candi, Pabrik AQUA Mambal, Pabrik AQUA Airmadidi, Pabrik AQUA Tanggamus, Pabrik AQUA Solok, dan Pabrik AQUA Langkat. Tiga dari 15 pabrik tersebut bahkan meraih Penghargaan Industri Hijau 2019 level tertinggi (level 5), yaitu Ciherang, Cianjur, dan Subang.

Seperti diketahui, sejak tahun 2010 Kementerian Perindustrian menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Industri Hijau, sebagai salah satu upaya mendorong perusahaan industri manufaktur melakukan efisiensi penggunaan sumber daya material, energi, dan air dalam kegiatan operasional sehari-hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya