Di Indonesia Cuma Segini Orang yang Mampu Beli Mobil Pribadi

Pameran Otomotif IIMS
Pameran Otomotif IIMS
Sumber :
  • IIMS

VIVA – Sebagian orang bermimpi bisa memiliki mobil sebagai kendaraan sehari-hari, atau sekadar menjadi alat transportasi saat berpergian bersama keluarga. Ada berbagai cara untuk meminang kendaraan roda empat tersebut.

Diantaranya membeli mobil dalam kondisi baru dengan mengunjungi diler terdekat, selain tunai, bisa juga kredit. Sementara jika keuangan tidak mencukupi, pilihan lain adalah memboyong mobil bekas pakai.

Penjualan Mobil Bekas Jelang mudik Lebaran

Penjualan Mobil Bekas Jelang mudik Lebaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Artinya ada banyak cara memiliki mobil dengan menyesuaikan keuangan, dan kebutuhan. Mengingat kondisi ekonomi yang tidak merata, membuat tingkat kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih rendah.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan, kepemilkan mobil yang belum merata menjadi peluang untuk industri otomotif.

“Kita punya potensi besar, dari 21 brand otomotif yang ada di Indonesia kita punya kapasitas produksi 2,3 juta unit. Artinya saat ini baru 99 unit per 1.000 penduduk yang punya mobil,” ujar Bawazier saat jumpa pers IIMS dikutip Viva Otomotif, Jumat 4 Februari 2022.

Berdasarkan data Administrasi Kependudukan yang dikutip dari Kementerian Dalam Negeri, terhitung per Juni 2021 jumlah penduduk di Indonesia mencapai 272.229.372 jiwa, di mana 137 juta laki-laki, dan 134 juta perempuan.