Jalan Tol Dalam Kota Kembali Berbayar Setelah Gratis karena Banjir

Ilustrasi tol dalam kota banjir
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Setelah dilakukan digratiskan sejak Rabu 1 Januari lalu jalan tol dalam kota, hari ini, tol tersebut berbayar kembali mulai pukul 12.00 WIB.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Pemberlakuan kembali tarif secara normal ruas jalan tol dalam kota antara lain untuk Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk. Dan Tol Cawang-Tanjung Priok–Ancol Timur–Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, dapat dipastikan saat ini kondisi jalan tol maupun gerbang tol di area jalan tol dalam kota telah beroperasi normal. 

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

“Untuk mengantisipasi cuaca Jadetabek ke depan dan agar tidak terjadi genangan yang berdampak pada tidak berfungsinya jalan tol dengan baik, kami telah menyiapkan pompa-pompa air, sand bag dan mengecek saluran drainase berfungsi dengan baik khususnya pada lokasi rawan genangan,” ujar Desi dikutip dari keterangannya, Jumat 3 Januari 2020.

Sementara, Direktur PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Djoko Sapto menambahkan, selama jalan tol dalam kota dibebaskan tarifnya, telah di lakukan penambahan kapasitas pompa air di setiap area genangan air, peninggian tanggul kali Cipinang di dekat terowongan Cawang. 

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

"Serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan normalisasi kali Cipinang dan pengerukan lumpur kali Cipinang karena sedimentasinya sudah tinggi," tambahnya.  

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit juga menegaskan, saat ini jaringan jalan tol dalam kota telah beroperasi normal. Tidak ada lagi genangan yang mengganggu operasional, sehingga bisa kembali dilintasi kendaraan seperti biasa.

“Terhitung pukul 12.00 WIB hari ini, tarif di Jalan Tol Dalam Kota kembali diberlakukan secara normal. Telah dikoordinasikan juga kepada pihak BUJT Jalan Tol Dalam Kota untuk terus berupaya memiliki kesiapsiagaan terkait kondisi curah hujan tinggi,” kata Danang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya