Logo DW

Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos Diretas, Arab Saudi Bantah Terlibat

Reuters/J. Roberts
Reuters/J. Roberts
Sumber :
  • dw

Arab Saudi membantah laporan yang menyebut negara mereka berada di belakang peretasan telepon milik pendiri Amazon.com, Jeff Bezos. Pada Rabu (22/1) Arab Saudi mengatakan tuduhan itu tidak masuk akal. Laporan tersebut dimuat dalam Guardian Inggris.

Sementara, dua pejabat senior PBB yang sedang mengerjakan laporan lengkap tentang masalah ini, mengatakan mereka punya cukup bukti yang menunjukkan keterlibatan Arab Saudi dibalik peretasan ponsel Jeff Bezos. Mereka merekomendasikan agar Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS) segera menyelidikinya. Hal itu disampaikan seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya kepada kantor berita Reuters.

Sumber itu mengatakan bahwa pelapor khusus PBB untuk pembunuhan di luar pengadilan, Agnes Callemard dan pelapor khusus untuk kebebasan berekspresi, David Kaye sedang mengerjakan laporan lengkap yang akan mereka bagikan kepada PBB pada Juni 2020.

Sementara itu, kedutaan besar Arab Saudi di AS mengatakan tuduhan itu tidak masuk akal. Dalam pernyataannya di Twitter, kedutaan Arab Saudi di AS menuliskan bahwa laporan media baru-baru ini yang menyebut kerajaan Arab Saudi berada di balik peretasan telepon Jeff tidak masuk akal. Arab Saudi meminta penyelidikan atas tuduhan ini sehingga mereka bisa memberikan semua fakta.

Video dikirim dari akun putra mahkota

Menurut pernyataan seorang sumber yang dikutip oleh Guardian Inggris, ponsel milik Bezos diretas melalui sebuah video yang dikirimkan kepadanya melalui WhatsApp. Video yang dikirim dari akun whatsapp Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS), disebut mengandung malware.

Sumber itu mengatakan Putra Mahkota dan pengusaha AS itu bertukar pesan pada Mei 2018. Kemungkinan peretasan terjadi lewat video berisi file jahat yang berubah aktif di ponsel Bezos. Dalam artikel itu disebut malware mengambil sejumlah besar data di ponsel Bezos.