Konflik Bersenjata di Papua, Ma'ruf Amin: Direspons dengan Pembangunan

Wakil Presiden Maruf Amin kunjungan ke Sumbawa NTB
Sumber :
  • VIVAnews/Satria Zulfikar

VIVA – Konflik bersenjata di Papua masih kerap terjadi hingga kini. Terkait hal itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, pemerintah akan merespons dengan melakukan sejumlah pembangunan di Papua untuk mengatasi ketidakpuasan di sana.

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

"Yang pasti respons pemerintah itu mengurangi kesenjangan, ketidakpuasan di Papua dengan melakukan pembangunan fisik, infrastruktur, pembangunan pendidikan, fasilitas-fasilitas lain," kata Ma'ruf dalam keterangannya dari Nusa Tenggara Barat, Rabu 11 Maret 2020.

Ma'ruf menyakinkan, pemerintah akan terus melakukan upaya pendekatan untuk Papua. Termasuk juga menelusuri apa yang sebenarnya menjadi masalah di wilayah paling timur tersebut.

Gunung Ruang Sitaro Erupsi, Wapres Imbau Patuhi Petunjuk Mitigasi Bencana Pemerintah

"Otonomi khusus juga sudah diberikan pada Papua, karena itu apalagi yang masih perlu ditindaklanjuti," ujar Ma'ruf.

Wapres juga menegaskan bahwa pemerintah lebih menggunakan pendekatan kesejahteraan di Papua. Dia yakin hal itu adalah upaya terbaik yang dilakukan oleh pemerintah.

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

"Bahwa pemerintah punya komitmen baik membangun keutuhan wilayah NKRI khususnya di Papua, pendekatan kita adalah kesejahteraan," kata Ma'ruf.

Sebelumnya diberitakan, kontak senjata masih terus terjadi di Papua. Dua orang aparat keamanan Indonesia yakni seorang anggota TNI dan seorang anggota Brimob tewas karena tertembak.

Indonesian Vice President Maruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris 2024. Indonesia masih punya kesempatan playoff melawan Timnas Guinea.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024