Dubes RI Terima Penghargaan Ambassador of the Year 2020 di Kanada

Duta Besar Indonesia untuk Kanada, Abdul Kadir Jailani, (tengah) menerima penghargaan sebagai Ambassador of the Year 2020 dan Public Diplomacy Awards 2020 di Ottawa, Kanada, 11 Maret 2020.
Sumber :
  • KBRI Ottawa

VIVA – Diplomasi Indonesia kembali mendapat penghargaan internasional. Kali ini, Duta Besar Indonesia untuk Kanada, Abdul Kadir Jailani, menerima penghargaan sebagai Ambassador of the Year 2020 dan Public Diplomacy Awards 2020.

Jadi Sorotan, Aksi Dubes RI untuk Inggris Dorong Kursi Roda Mohammad Ahsan yang Cedera di Bandara

Disaksikan oleh komunitas diplomat asing di Ibu Kota Ottawa, penghargaan tersebut diberikan oleh Dean of Diplomatic Corps of Canada dan International Public Diplomacy Council (IPDC) di Fauteux Hall, Gedung Faculty of Law, University of Ottawa, Kanada pada 11 Maret 2020. Menurut Iwan Nur Hidayat, Counsellor Penerangan dan Sosial Budaya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Ottawa, pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan sebagai kegiatan tahunan dengan tujuan untuk mendorong penyelenggaraan diplomasi publik para kepala perwakilan asing di Kanada. 

"Penghargaan untuk Indonesia pada tahun 2020 adalah untuk pertama kalinya diberikan sejak perhelatan apresiasi diplomatik ini dilangsungkan 3 tahun lalu," ungkap Iwan kepada VIVAnews hari ini.  

Bertemu Dubes RI untuk Yordania, Menaker Bahas Potensi Kerja Sektor Garmen bagi PMI

Mewakili kawasan Asia Tenggara, Dubes Jailani menerima penghargaan dari Dubes Solomon Azoh-Mbi dari Kamerun selaku Dean of Diplomatic Corps of Canada. Memanfaatkan momentum pertemuan, Dubes kelahiran Surabaya tersebut menuturkan bahwa sejumlah program kerja mengenai diplomasi publik, termasuk mengenai kegiatan promosi seni budaya dan kerja sama Pendidikan memiliki makna yang strategis.

“Diplomasi publik (penting) untuk membangun pemahaman di tingkat masyarakat umum mengenai pentingnya kolaborasi dan kerja sama antar bangsa,” kata Dubes Jailani seperti disiarkan KBRI Ottawa. Lebih jauh, mantan Konsul Jenderal RI di New York tersebut menguraikan bahwa berbagai isu kompleks yang dihadapi saat ini menuntut sinergi dan kerja sama seluruh pemangku kepentingan. 

Satu WNI Hilang Terdampak Gempa Turki, KBRI Lanjutkan Pencarian

"Untuk itu, diplomasi Indonesia perlu menjelajahi berbagai wahana baru, termasuk pemanfaatan teknologi digital," lanjut Jailani.

Dia adalah diplomat karir yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Perjanjian Ekonomi dan Sosial Budaya Kementerian Luar Negeri RI dengan riwayat penugasan di New York, Jenewa dan Belanda. Sebagai wakil Pemerintah Indonesia untuk Kanada, Dubes Jailani aktif menyelenggaran kegiatan promosi seni budaya dan pariwisata Indonesia. 

Sebelumnya, pada awal 2020, Dubes penggemar fotografi ini juga mendapatkan penghargaan Social Media Awards 2020 untuk kategori Digital Head of Missions dari Kementerian Luar Negeri Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya