Mengajarkan Anak Pola Makan Sehat

VIVAnews - Orang tua seringkali menghadapi persoalan saat berbicara mengenai kesehatan kepada anak usia remaja. Padahal bila dibiarkan, kelebihan berat badan anak akan memicu semakin kompleknya masalah kesehatan dan perkembangan mereka.

Dr. Kutip Bermudez, Direktur Medis Program Gangguan Makan Klinik dan Rumah Sakit Jiwa di Tulsa, Oklahoma, mengatakan masalah berat pada anak dan remaja biasanya subjek yang sensitif tetapi harus dibicarakan dalam keluarga.

Menurutnya, orangtua harus memeiliki kepekaan emosi untuk memberitahukan sesuai gaya pribadi anak. Selama berdiskusi, tekankan masalah kesehatan daripada menyinggung masalah berat badan.

Ahli gizi dan dokter anak menawarkan tips tentang cara-cara untuk menangani anak-anak mengenai diet dan kebugaran:

1. Fokus pada kesehatan, bukan berat badan
Puji anak-anak Anda saat berprilaku sehat atau saat dia berolahraga lari cepat. Hal ini lebih baik daripada Anda memujinya karena berhasil menurunkan berat badan terang Tanner-Blasiar, seorang ahli diet.

2. Jadi mitra dalam kesehatan, bukan polisi
Orangtua tidak akan berhasil jika terlalu ketat dan bersikap seperti polisi dalam memonitor apa yang anak makan dan apa saja kegiatannya. Orangtua dapat meningkatkan kesehatan seluruh keluarga dengan tidak membeli makanan cepat saji, minuman manis, menghindari makanan cepat saji dan perencanaan kegiatan akhir pekan bagi seluruh keluarga.

3. Memperlakukan anak-anak sama
Jika salah satu dari anak-anak Anda memiliki masalah obesitas dan anak yang lain tidak, perlakukan keduanya sama. Kesenjangan dalam perlakuan bisa menimbulkan bibit kebencian diantara anak-anak.

4. Ciptakan Diskusi
Masalah berat bada tidak mungkin tiba-tiba terjadi tanpa alasan dan bisa saja berhubungan dengan hal lain diluar makanan. "Anak bisa mengalami masalah emosional yang memicu gangguan makan," ujar Lynn Grefe, Chief Executive Officer di National Eating Disorders Association.

5. Ganti Gaya Hidup
Jangan hanya membicarakan makan sehat dan olahraga. Perlihatkan contoh  perubahan gaya hidup kepada anak-anak Anda. Matikan TV dan komputer. Sebagai gantinya, cari aktivitas yang menyenangkan dan membuat anak bergerak aktif bersama-sama.

Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin
Desain Logo Baru Akulaku Finance (Doc: Istimewa)

Akulaku Finance Perkenalkan Logo Baru, Ini Maknanya

Logo baru yang diperkenalkan bukan hanya merefleksikan identitas unik dari Akulaku Finance Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024