Kawasan Satelit Masih Jadi Incaran

Ilustrasi properti.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Tren pencarian properti tercatat mengalami peningkatan di tengah pandemi COVID-19, khususnya untuk kawasan satelit yang meliputi Jabodetabek. Sementara itu Bogor, Bekasi, dan Tangerang menjadi wilayah dengan kenaikan pencarian properti paling drastis selama periode tersebut.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, mengungkapkan bahwa hal itu didukung oleh adanya pemerataan pembangunan infrastruktur konektivitas sehingga area-area dengan harga properti yang lebih rendah menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses.

Baca: Jepang Buat Satelit dari Kayu demi Kurangi Sampah Luar Angkasa

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

"Langkah pemerintah yang terus menitikberatkan pembangunan infrastruktur konektivitas membuat konsumen semakin yakin bahwa properti-properti di sekitar transportasi umum ini memiliki prospek yang bagus ke depannnya," kata dia, Kamis, 31 Desember 2020.

Lebih lanjut, Marine menyebutkan bahwa pencarian properti di Jawa Barat mengalami kenaikan hingga 88,8 persen (qoq) pada kuartal III 2020. Bahkan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kenaikannya mencapai 239 persen (yoy).

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Bekasi menjadi daerah di Jawa Barat yang paling mengalami peningkatan pencarian properti, yakni mencapai 115 persen (qoq) atau 265 persen (yoy). Salah satu pengembang yang beroperasi di Bekasi adalah Patraland Urbano Apartemen merupakan salah satu unit bisnis Patra Jasa yang bergerak di bidang properti.

Pada penutupan tahun 2020, Patraland Urbano Apartemen membagikan 70 paket sembako kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi COVID-19 di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, makanan kaleng hingga susu ini diberikan kepada 70 KK yang terdiri dari 40 KK warga RW 01 Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara dan 30 KK dari RW 07 Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria Bekasi.

"Pemilihan lokasi pembagian paket sembako karena berada di sekitar unit Patraland Urbano Apartemen. Kami berharap bisa membantu masyarakat. Untuk menekan persebaran COVID-19, masyarakat tetap harus menerapkan 3M (menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan)," kata GM Sales and Marketing Patraland Urbano Apartemen, Denny Sukmawardani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya