11 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Menu diet
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Banyak program yang langsung menjanjikan cara menurunkan berat badan secara cepat dan mudah. Namun, dasar penurunan berat badan yang sukses adalah diet sehat yang mengontrol kalori dan dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Agar sukses dalam penurunan berat badan jangka panjang, Anda harus membuat perubahan permanen dalam gaya hidup dan kebiasaan kesehatan Anda. Berikut cara menurunkan berat badan yang dikutip dari nhs.uk.

Lalu, bagaimana cara menurukan berat badan secara sehati?

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Jangan lewatkan sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting dan Anda mungkin akan mengemil lebih banyak sepanjang hari karena Anda merasa lapar.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Makan teratur

Makan pada waktu yang teratur di siang hari membantu membakar kalori lebih cepat. Hal ini juga bisa mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.

Makan banyak buah dan sayuran

Banyak makan buah dan sayuran rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat adalah cara untuk penurunan berat badan yang sukses. Buah dan sayur ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

Lebih aktif berolahraga

Menjadi aktif berolahraga adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat Anda hilangkan melalui diet saja.

Banyak minum air putih

Anda terkadang mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar. Anda akhirnya bisa mengonsumsi kalori ekstra ketika segelas air benar-benar Anda butuhkan.

Makan makanan berserat tinggi

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu Anda tetap merasa kenyang, yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Serat biasanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti buah dan sayuran, gandum, roti gandum, nasi merah dan pasta, kacang-kacangan, kacang polong dan lainnya.

Baca label makanan

Mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu Anda memilih makanan yang lebih sehat. Gunakan informasi AKG untuk mengetahui kandungan gizi dan kalori makanan tertentu untuk mengukur jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Gunakan piring yang lebih kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan dengan porsi yang lebih kecil. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, Anda mungkin bisa secara bertahap terbiasa makan dengan porsi lebih kecil tanpa merasa lapar. Dibutuhkan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah dengan perlahan dan berhentilah makan sebelum Anda merasa kenyang.

Jangan melarang makanan

Jangan melarang makanan apa pun dari rencana penurunan berat badan Anda, terutama yang Anda sukai. Melarang makanan hanya akan membuat Anda lebih menginginkannya. Tidak ada alasan Anda tidak dapat menikmati suguhan sesekali selama Anda tetap dalam batas kalori harian Anda.

Jangan menyimpan junk food

Untuk menghindari godaan, jangan menyimpan junk food – seperti coklat, biskuit, keripik dan minuman manis bersoda – di rumah. Sebaliknya, pilihlah camilan sehat, seperti buah, kue beras tawar, kue gandum, popcorn tawar atau tanpa pemanis, dan jus buah.

Tutup Dapur di Malam Hari

Tetapkan waktu kapan Anda akan berhenti makan sehingga Anda tidak akan menyerah pada kudapan larut malam atau ngemil sambil menonton televisi.

Pilih Kalori Cair dengan Bijak

Minuman manis biasanya mengandung kalori yang banyak, tetapi tidak mengurangi rasa lapar seperti makanan berat. Puaskan dahaga Anda dengan air, air soda dengan jeruk, susu skim atau rendah lemak, atau jus buah dalam porsi kecil. Cobalah segelas jus sayuran bergizi dan rendah kalori untuk menahan Anda jika Anda lapar di antara waktu makan. 

Makan Gandum

Dengan mengganti biji-bijian utuh untuk biji-bijian olahan seperti roti putih, kue, dan kue kering. Akan menambahkan serat yang sangat dibutuhkan sehingga Anda cenderung makan dalam porsi yang wajar. Pilih roti gandum dan pasta, beras merah, popcorn, dan biskuit gandum utuh.

Pangkas Porsi

Jika Anda tidak melakukan apa pun selain mengurangi porsi Anda sebesar 10% – 20%, maka Anda akan kehilangan berat badan. Sebagian besar porsi yang disajikan baik di restoran maupun di rumah lebih besar dari yang Anda butuhkan. Oleh karenanya, Anda harus mengurangi porsi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan berat badan yang sesuai. 

Miliki Protein di Setiap Makan dan Camilan

Menambahkan sumber protein tanpa lemak atau rendah lemak pada setiap makanan dan kudapan akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak akan makan berlebihan. Cobalah yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, selai kacang, telur, atau daging tanpa lemak. Para ahli juga merekomendasikan makan dalam porsi kecil, sering, dan camilan (setiap 3-4 jam), untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil dan untuk menghindari makan berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya